Partisipasi Pemilih di Muna Ditargetkan 90 Persen di Pilkada 2020

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Muna menargetkan tingkat partisipasi pemilih pada pilkada 2020 mencapai 90 persen.

Target partisipasi pemilih oleh KPUD Muna berkaca pada pemilihan legislatif 2019 yang mencapai 78 persen. Partisipasi pemilih ditargetkan lebih besar dengan langkah-langkah strategis, salah satunya memasukkan sentuhan budaya lokal saat sosialisasi pilkada mendatang.

“Di sosialisasi nanti akan ditampilkan instrumen budaya lokal, misalnya silat Muna, Rambi Wuna, Kantola, tarian, musik-musik tradisional seperti gambus, dan sebagainya,” terang Ketua KPUD Muna, Kubais, Jumat (17/1/2020).

(Baca juga: Tahapan Pilkada Muna 2020 Diluncurkan, Tangkal Berita Hoaks: Perlu Saring Sebelum Sharing)

yamaha

Diakui Kubais, sosialisasi pada pemilu 2019 kurang mengadopsi unsur-unsur budaya lokal sebagai sarana memikat masyarakat, sehingga kurang menunjukkan daya tarik tersendiri agar masyarakat ikut berpartisipasi di setiap agenda pemilihan.

“Insya Allah kita optimis dengan langkah-langkah inovatif dalam hal sosialisasi,” tambahnya.

Untuk diketahui, KPUD Muna sedang merekrut anggota panitia pemungutan kecamatan (PPK) pada 15-24 Januari 2020. Sebanyak 110 orang anggota PPK akan direkrut untuk disebar di 22 kecamatan wilayah setempat.

(Baca juga: 18.003 Petugas Badan Ad Hoc Akan Direkrut Di Sultra, Syarat Usia Belum Berubah)

Laporan: Nely
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.