SUARA

Pasar Malam Marina Difungsikan, Ini Harapan Pemda Wakatobi

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Setelah bertahun-tahun tidak digunakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi akhirnya mengfungsikan pasar malam Marina dengan fasilitas pasar yang memadai, Senin (29/1/2018).

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Wakatobi, Safiuddin mengatakan hal ini dilakukan sebab dari 11 pasar yang telah dibangun oleh pemerintah, yaitu di pulau Wangi-wangi tiga bangunan, pulau Kaledupa tiga bangunan, pulau Tomia tiga bangunan dan pulau Binongko dua bangunan. Namun yang baru beroperasi hanya enam pasar. 

“Yang beroperasi di pulau Wangi-wangi hanya dua, yaitu pasar Sentral dan pasar Pagi, pulau Kaledupa dua, yaitu pasar Laulua dan Buranga, pulau Tomia dua, yaitu pasar Waitii dan Osuku. Sementara di pulau Binongko belum ada yang difungsikan sebagaimana fungsinya,” kata Safiuddin saat di wawancarai di pasar Marina.

Dikatakannya, untuk langkah awal, sekitar dua hingga tiga bulan kedepan para pedagang tidak akan ditarik retribusi. 

Safiuddin berharap, para pedagang bisa memanfaatkan pasar yang telah dibangun oleh pemerintahtah, disamping retribusinya rendah, fasilitas memadai pasar ini juga akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

yamaha

“Fasilitas di pasar ini ada listrik, PDAM, parkiran, WC, dan musala,” terang Safiuddin.

Dari 200an los yang disiapkan, hampir keseluruhan telah diisi oleh para pedagang. “Dari 48 los khusus untuk pedagang ikan, namun yang telah mendaftar 52 orang,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang pasar malam Marina,  Wa Jana berharap Pemda Wakatobi bisa mengarahkan para pedangang di pasar malam perorangan untuk pindah ke pasar milik pemerintah ini, demi meramaikan pasar tersebut.

Laporan: Amran Mustar Ode

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.