Pilkada koltim

Pasar Murah, Solusi Pemkot Kendari Stabilkan Lonjakan Harga di Bulan Ramadan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kota Kendari untuk menekan lonjakan harga kebutuhan masyarakat di bulan Suci Ramadan khususnya kebutuhan sembilan bahan pokok yang mengalami kenaikan harga sejak bulan Suci Ramadan hingga pada hari raya Idul Fitri nanti, dengan melakukan pasar murah di sebelas Kecamatan di Kota Kendari.

Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Kendari, Sulkarnain, mengatakan operasi pasar murah ini, sebagai wujud perhatian Pemerintah Kota Kendari, untuk memastikan dan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat selama bulan ramadan bisa terpenuhi.

“Pasar murah bukan kegiatan ceremonial yang dilaksanakan setiap tahunya, tapi kesungguhan pemerintah memastikan warganya selama menjalankan Ibadah puasa tidak terkendala, utamanya kebutuhan bahan pokok selama ramadan dan jelang idul fitri,” kata Sulkarnain usai membuka secara resmi pelaksanaan pasar murah hari pertama di Kecamatan Baruga Kota Kendari, Senin (21/05/2018).

Lebih lanjut, kata Sulkarnain, biasanya selama Ramadan dan menjelang pelaksanaan idul Fitri kebutuhan pokok meningkat dan stok meningkat. Jadi pasar murah ini diupayakan untuk menjawab keresahan masyarakat terkait stok bahan pokok jadi masyarakat tidak perlu khawatir.

“Ini juga merupakan bagian dari operasi pasar, jadi kalau soal harga tidak perlu diragukan, pasti lebih murah atau dibawah standar,” jelas Sulkarnain.

Pilkada

Dirinya juga menghimbau kepada para pedagang maupun produsen utamanya di Kota Kendari, mengingat bulan ini merupakan musim panen raya (permintaan meningkat). Jadi dalam mengambil keuntungan yang wajar sehingga tidak memicu kenaikan harga atau inflasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Kendari, Syam Alam, mengatakan pasar murah sembako bekerja sama dengan Bank Indonesia, Pertamina, Bank Sultra dan Bulog dengan menyediakan kurang lebih 5.000 kupon belanja untuk di kota Kendari, dengan kisaran 400 sampai 500 kupon per Kecamatan. Namun bagi masyarakat yang tidak memiliki kupon juga sudah disediakan stan-stan distributor dengan harga terjangkau.

Adapun jenis sembako yang dijual di pasar murah, antara lain Minyak goreng kemasan, Gula pasir, Tepung terigu, Telur, bawang, Blue band, Gas Elpiji, dan sembilan bahan pokok lainnya.

“Harga sembako dijual di pasar murah ini lebih relatif terjangkau, kita berharap dengan adanya pasar murah sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok, selama Ramadan hingga hari raya nanti,” ujarnya.

 

Laporan : Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.