Iklan Clarion

Pasar Sentral Wakatobi Kembali Dibangun 2019

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Pasar Sentral Wakatobi akan dibangun pada 2019, usai terbakar Senin, 1 Oktober 2018. Hasil pantauan Kementerian Perdagangan RI di lokasi pasar Kelurahan Mandati III, Kecamatan Wangi-wangi Selatan bahwa akan ada bantuan dana pembangunan pasar berkisar Rp6 miliar sampai Rp10 miliar.

“Kementerian Perdagangan sudah datang pantau pasar sentral, 2019 mereka akan berikan bantuan untuk pembangunan pasar,” ujar Bupati Wakatobi, Arhawi, Kamis (15/11/2018).

[ Klik Banner untuk ke Halaman Registrasi ]

Pemda Wakatobi juga akan memporsikan anggaran daerah pada 2019 untuk pembangunan tersebut.

Menurut Arhawi, lokasi pasar sentral masih ada lahan milik pribadi sehingga dibutuhkan anggaran besar untuk pembebasan lahan. Dirinya mengaku, dua kali melakukan pertemuan bersama sejumlah masyarakat pemilik lahan di kawasan pasar guna membicarakan teknis pelepasan lahan atau dibeli Pemda Wakatobi.

“Untuk membangun pasar yang presentatif anggaran dari kementerian tersebut tidak cukup untuk pembangunan pasar yang presentatif sehingga kita akan anggarannya melalui APBD Wakatobi,” ucapnya.

Pascaterbakar, pedagang Pasar Sentral Wakatobi diizinkan membangun kawasan berjualan di bagian depan pasar dengan syarat, ketika proses pembangunan pasar berlangsung, pedangang pindah ke lokasi lain.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Wakatobi, mendata pasar tersebut memiliki 120 kios dan sebagian besar bangunannya telah terbakar. Meski sejumlah kios tak tersentuh api, namun kondisinya rusak dan tak layak untuk ditempati berdagang.

(Baca: Aktivitas Pasar Sentral Wakatobi Lumpuh)

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.