Iklan Clarion

Pasir Hitam Jadi Tujuan Wisata Warga Matanauwe

SULTRAKINI.COM: BUTON – Ratusan Masyarakat Desa Matanauwe, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara mulai dari anak-anak hingga orang tua memadati Pantai Pasir Hitam, salah satu destinasi wisata di wilayah itu tepatnya di Desa Wolowa Baru, Kecamatan Wolowa, Selasa (26/12/2017).

Kepala Desa Matanauwe, La Dangka mengatakan dipilihnya Pasir Hitam sebagai tujuan wisata tersebut berdasarkan kesepakatan masyarakat khususnya para ibu. Selain itu, Pasir Hitam dianggap sebagai destinasi wisata terbaik di wilayah itu.

“Ini juga adalah kesepakatan ibu-ibu, lagipula tinggal disini yang terbaik di dekat-dekat sini,” kata La Dangka saat ditemui di Pasir Hitam.

Dijelaskan, kegiatan tersebut merupakan tindaklanjut dari perayaan Hari Ibu yang ke-10 tingkat Desa Matanauwe yang telah dilakukan baru-baru ini dengan berbagai lomba. Dengan begitu, saat menyambut tahun baru 2018 nanti, diharapkan ada semangat baru di setiap jiwa masyarakatanya.

“Ini tradisi tahunan yang kami lakukan, setiap tahun kami rayakan hari ibu, sehingga masuk tahun baru ada semangat baru,” ujarnya sembari tersenyum.

Ditempat yang sama, salah satu pengunjung dari Desa Matanauwe yang biasa disapa Mama Aya mengatakan, merasa senang bisa menghabiskan waktu di wisata Pasir Hitam bersama ibu-ibu dan warga lainnya. Menurutnya, Pasir Hitam cukup bagus dijadikan tujuan wisata, karena selain keunikan pasirnya yang hitam, tempatnya juga mudah dijangkau karena dekat dengan jalan raya.

“Uniknya ini pasirnya dia hitam, baru dekat dengan dengan jalan raya, banyak pohon-pohon rindang sehingga kita tidak kepanasan,” katanya yang saat itu datang bersama kedua anak dan suaminya.

“Bagus pantainya, warnanya hitam dan mudah dijangkau, sudah sering juga kita kesini, tapi kalau satu kampung begini, ya paling kayak acara-acara begini atau ada acara-acara lain kita datang kesini,” kata Rasmin yang juga masyarakat Desa Matanauwe.

Sejak pukul 10.00 Wita masyarakat Desa Matanauwe sudah memadati wisata Pasir Hitam. Banyak hal yang mereka lakukan, di antaranya ada yang bermain bola futsal, mandi-mandi, kejar-kejaran, atau hanya duduk sambil menikmati pemandangan yang menyejukan itu dengan wajah bahagia.

Laporan: La Ode Ali

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.