Pastikan Kesiapan Infrastruktur Aspal Buton, Kemenko Marves Kunjungi Buton

SULTRAKINI.COM: BUTON – Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi berkunjung di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Kedatangannya itu ada hubungannya dengan aspal alam Buton.

Kemenko Mavers diwakili Asisten Deputi Industri Pendukung Infrastruktur Kemenko Marves, Yudi Prabangkara bersama rombongan bertandang ke Kabupaten Buton pada Selasa, (24 November 2020), dalam rangka memastikan kesiapan aspal alam Buton sebagai aspal rujukan yang akan dipakai di ruas-ruas jalan seluruh Indonesia. Bahkan, kesiapan diekspor ke mancanegara.

Kehadiran mereka langsung di tambang aspal di Kecamatan Lasalimu, utamanya di Lawele, Pelabuhan Nambo, serta pabrik aspal yang bakal mendukung rencana pemerintah pusat untuk menjadikan aspal Buton sebagai bahan baku dalam pembangunan infrastruktur jalan di Indonesia.

Menurut Yudi, aspal Buton memiliki ciri unik dan hanya terdapat di Indonesia, sehingga ini harus dimanfaatkan dengan baik. Kunjungannya kali ini bersama Kementerian PUPR dan pihak terkait lainnya untuk memastikan dulu bahwa suplai Aaspal Buton mencukupi dan memadai untuk ditransformasi dijadikan bahan baku tambang siap pakai.

Cadangan aspal Buton, kata Yudi, sangat memadai. Namun, perlu dipersiapkan adalah infrastuktur pendukungnya agar hasil tambang tersebut diolah dan diangkut untuk didistribusikan ke seluruh wilayah yang memerlukan aspal.

“Aspek infrastruktur dasar inilah kita sedang amati dan cermati, di mana titik lemahnya dan di mana kurangnya,” terangnya.

Pihaknya akan mempelajari apa yang dibutuhkan-baik dari sisi lahan dan tempat penampungan sebelum diangkut. Selain itu, sarana pengangkutannya juga harus disiapkan dan direncanakan dengan baik.

Pada kunjungannya, Yudi di dampingi Kabid Pengembangan Kawasan Industri Kemeko Mareves John Tambun, Kabid Industri Bahan Baku Kemenko Marves Supardiono, Analis Infrastruktur Kemenko Marves Ronald Simanungkalit, Ketua ASPABI Dwi Putranto, Kartika Prima Abadi, Irwan Hermanto, Wika Bitumen, Sri Mulyono, dan Ari, PUPR Madi Hermadi, Aceng Maulana dan Ilman Farid, serta Sekdin SDM Prov Sultra Ridwan Botji,

Rombongan diterima Bupati Buton, La Bakry di dampingi Wabup Buton IIs Elianti, Sekda Buton La Ode Zilfar Djafar, Asisten Adminsitrasi Tata Pemerintahan dan Kesra Sekda Buton Alimani, serta OPD terkait lingkup Pemkab Buton.

La Bakry mengatakan, kunjungan Kemenko Marves tersebut adalah tindak lanjut rapat koordinasi yang dilaksanakan secara virtual antara Kemenko Marves dan tujuh kementerian dan lembaga terkait, termasuk ASPABI, Pemrov Sultra, dan Pemkab Buton. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.