PDIP Sultra Buka Pendaftaran untuk Pilkada dan Pileg

  • Bagikan
Ilustrasi

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah untuk Pilgub Sultra, Pilwali Baubau, Pilbup Kolaka, dan Pilbub Konawe. Selain itu, partai besutan Megawati Soekarno Putri ini juga membuka pendaftaran untuk bakal calon anggota legislatif di semua tingkatan, DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, dan DPR RI.

Dikatakan Ketua DPD PDIP Sultra Hugua, Rabu (31/5/2017), pembukaan pendaftaran dilakukan serentak pada 1 Juni 2017. Untuk pendaftaran pilkada akan dibuka sampai 20 Juni 2017 mendatang. Sedangkan untuk pendaftaran calon anggota legislatif waktunya lebih panjang, tetapi untuk sementara menurutnya akan dilihat perkembangannya sampai Desember 2017.

“Sengaja kita ambil 1 Juni sebagai awal pembukaan pendaftaran karena kita ingin mengambil momentum di tanggal ini bersamaan dengan hari lahir Pancasila,” jelas Hugua kepada awak media di kediamannya.

Untuk pendaftaran bakal calon pilkada, selain memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada kader, Hugua mengaku kalau PDIP membuka diri kepada calon di luar kader PDIP. 

“Silahkan, semua kader kita dorong kalau potensial. Begitu pula di luar kader, PDIP sangat membuka diri bagi nonkader baik di Pilgub maupun di Pilbup dan Pilwali,” terangnya.

Hugua mengungkapkan, acuan PDIP dalam menentukan calon yang didukung tidak hanya terkait elektabilitas, tetapi banyak aspek lain yang menjadi pertimbangan di antaranya menyangkut kapasitas, kepemimpinan, dan sosial.

Sekadar diketahui, pada gelaran Pilkada Serentak 2017 di tujuh daerah lalu, PDIP berhasil mendudukkan calon usungannya di Buton Selatan, Buton Tengah, dan Muna Barat. Sementara di Kolaka Utara dan Kendari calon yang diusung kalah. 

Di Buton usungan partai ini tak memiliki cukup kursi partai untuk tampil. Sedangkan di Bombana sendiri usungan PDIP sempat kalah, tetapi Mahkamah Konstitusi memutuskan Pemungutan Suara Ulang di 7 TPS sehingga calon yang diusung masih punya peluang untuk menang.

Laporan: Didul Interisti

  • Bagikan