Pedayung Rowing Sultra Rebut Empat Medali di Popnas

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Enam pedayung Provinsi Sulawesi Tenggara merebut satu perak dan tiga perunggu di nomor rowing pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Cipule, Jawa Barat.

Pelatih Dayung Rowing Sultra, Ratna, menyampaikan dari lima kelas diikuti di nomor rowing, hanya empat kelas sukses merebut medali. Pertama, single scull putri Aulia Galib meraih perak, double scull putri pasangan Aulia Galib/Yanti Lapalulu mendapat perunggu.

“Kemudian perunggu lain didapatkan dari double scull putra pasangan A Juharman dan Rizal Agung. Perunggu terakhir dari empat quadruple medali tersebut merupakan prestasi yang patut dibanggakan jika dibandingkan dengan Popnas sebelumnya, dimana rowing Sultra tidak mendapat medali,” jelas Ratna, Rabu (20/11/2019).

Perolehan medali yang direbut tahun ini meningkat drastis dibandingkan dengan Popnas sebelumnya yang tidak mendapat medali. Tahun ini, dari enam pedayung rowing yang berlaga semuanya membawa pulang medali.

yamaha

“Kami sangat mengapresiasi hasil perjuangan mereka yang berhasil mengharumkan nama daerah di kancanasional,” ujarnya.

Sebenarnya pedayung rowing memiliki peluang besar untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi, kata dia, namun terkendala dengan peralatan, sehingga mereka berkompetisi dengan perahu yang berat dibandingkan dengan atlet DKI Jakarta dan Jawa Barat.

“Kendati demikian, kami sangat puas dengan hasil pertandingan atlet rowing kita di Popnas. Meski kalah dalam peralatan, namun masih bisa menorehkan prestasi,” ucapnya.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.