Peduli Lingkungan Pesisir, TNI Tanam 1.000 Pohon Mangrove di Kabaena

SULTRAKINI.COM: BOMBANA – Kepedulian TNI terhadap masyarakat kembali ditunjukkan oleh Komandan Rayon Militer (Danramil) 1413-05 Kabaena Kapten Inf Masrin. Bersama stakeholder di wilayah Kecamatan Kabaena Utara, Danramil bersama personel menanam bibit pohon mangrove di pantai Dusun Fising, Desa Mapila, Kecamatan Kabaena Utara, Kabupaten Bombana, Kamis (2/2/2017).

Pohon mangrove merupakan sumberdaya alam hayati yang mempunyai berbagai keragaman potensi yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia baik yang secara langsung maupun tidak langsung dan bisa dirasakan baik oleh masyarakat yang tinggal di dekat kawasan hutan mangrove maupun masyarakat yang tinggal jauh dari kawasan tersebut.

“Pohon mangrove sangat banyak memiliki manfaat, sebagai pencegah abrasi, penghasil oksigen, tempat tinggal berbagai tumbuhan dan hewan kecil dan masih banyak manfaat yang lain,” tutur Kapten Masrin.

Penanaman sebanyak 1.000 bibit pohon mangrove ini melibatkan komponen yang ada di wilayah Kabaena seperti dari Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat sekitar yang dikerjakan secara gotong royong. Penanaman Mangrove ini bertujuan untuk melestarikan pesisir pantai Dusun Fising Desa Mapila sebab pohon Mangrove yang sudah ada banyak yang mati akibat tidak terawat.

“Saat ini kerusakan yang terjadi pada pohon mangrove sudah sangat banyak yang terjadi, Kebanyakan masyarakat belum banyak mengetahui akibat yang akan ditimbulkan pada masa yang akan datang jika merusak lingkungan,” ungkapnya.

Diharapkan kegiatan penanaman 1.000 pohon mangrove dapat melestarikan pesisir pantai yang berada diwilayah tersebut dan hal ini sebagai wujud kepedulian TNI terhadap lingkungan dan alam.

Laporan : Rian Adriansyah

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.