SUARA

Pejuang Muslimah Sultra yang Berperan Penting dalam Mengusir Penjajah Belanda

Wa Ode Wau adalah salah satu pejuang Muslimah yang berperan penting dalam usaha mengusir penjajah ditanah Buton-Sulawesi Tenggara.

Ia lahir pada tahun 1616 M, dan telah melakukan perjuangannya selama 60 tahun sebelum ia wafat pada bulan ramadhan 1121 H atau bertepatan dengan tahun 1712 M. Alasan Wa Ode Wau melawan penjajahan Belanda ialah karena beliau menginginkan tanah kelahirannya merdeka dari segala bentuk penjajahan serta ingin mengangkat derajat kaum wanita.

yamaha

Selain itu beliau dikenal sebagai seorang yang dermawan karena rela meginfakan hartanya untuk pembangunan benteng wolio yang saat ini terkenal sebagai benteng terluas didunia. Benteng ini merupakan wujud untuk mempertahankan diri, harta, negeri dan agama dari penjajahan.

Selain itu, dengan harta yang melimpah secara suka rela beliau membagikan kepada rakyat Buton tanpa mengharapkan balasan dari pemerintah. Ketika pemerintah tau atas pengorbanan beliau, pemerintah berniat untuk membalas budi, akan tetapi dengan rendah hati Wa Ode Wau menjawab ” Aku tidak mengharapkan sesuatu pemberian dari sara (pemerintah) atas pengorbanan harta bendaku terhadap pembagunan benteng wolio, tetapi semata-mata untuk kepentingan negeriku sendiri, serta kehormatan Masyarakat Buton dan cucuku dikemudian hari. Semoga mereka ada yang mengikuti jejakku ini”.

 

sumber:FSLDK Sultra

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.