Pelaksanaan HPS ke-39 di Sultra Semakin Matang, Banyak Acara Bertemakan Pangan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara terus mempersiapkan Hari Pangan Sedunia ke-39 yang dipusatkan di Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan. Salah satu persiapannya adalah Rapat Pleno persiapan HPS bersama Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto di Kantor Gubernur Sultra, Kamis (24/10/2019).

Rapat Pleno persiapan HPS diikuti jajaran pemerintah daerah membahas sejumlah hal inti dalam pelaksanaan HPS, mulai dari pembukaan acara hingga penutupan.

HPS pada 2-5 November nantinya dimeriakan dengan sejumlah rangkaian acara yang tentunya tidak terlepas dari capaian dan inovasi di bidang pangan.

Pembukaan HPS pada 2 November dikonsepkan dengan rencana kehadiran Presiden RI, Joko Widodo dengan sejumlah menteri. Di hari ini juga rencananya diagendakan panen kakao di Kecamatan Angata, Kabupaten Konawe Selatan, gelar inovasi teknologi dan bio industri, serta Festival Pangan Lokal (lomba cipta menu) dan peninjauan pameran termasuk pagelaran seni budaya yang dipusatkan di lapangan MTQ Kendari.

Pelaksanaan HPS pada 3 November diagendakan akan diisi dengan pameran yang diikuti dari pihak Pemprov dan kabupaten/kota, BUMN, swasta, stakeholder, UKM lokal, dan lainnya. Ada juga kemeriahan dari sejumlah lomba, bazar, temu bisnis, dan pagelaran seni budaya.

Sementara pelaksanaan HPS pada 4 dan 5 November mendatang masih menyuguhkan acara pameran pangan, bazar, UKM, dan pagelaran seni budaya.

“Saya melihat persiapan sudah 80 persen dari masing-masing bidang, lalu dari pemerintah daerah Sultra saya liat persiapan HPS ini sudah luar biasa, koordinasi di internal maupun eksternal sudah luar biasa,” ujar Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto, Kamis (24/10/2019).

Prihasto merincikan, soal persiapan HPS nanti. Misalnya, agenda gelar teknologi, panen kakao, dan temu bicara dengan petani. Termasuk juga banyaknya para tamu undangan yang akan hadir saat HPS, tiga di antaranya adalah hadirnya seluruh gubernur, 14 duta besar, dan sejumlah perwakilan dari negara sahabat.

“Banyak rangkaian acara selain pembukaan HPS,” ucapnya.

Laporan: Rohiyani
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.