Pelaku UMKM Kolaka Produksi Cemilan Lokal Rasa Kekinian

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dikenal sebagai daerah penghasil cokelat, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara memperkenalkan produk cemilan inovasinya dari olahan cokelat.

Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kabupaten Kolaka mengembangkan olahan cokelatnya menjadi produk cemilan Astor Coklat sejak 2018. Namun demi memenuhi selera kosumen sekarang ini, cemilan juga dibuat berbagai varian rasa, seperti stoberi, bluberry, dan vanila.

“Astor coklat ini kita produksi dan kembangkan tahun 2018. Kita belum kirim ke luar kota, tapi mulai dimasukan ke swalayan dan Indomaret,” terang Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kolaka, Yuyun di stan expo Kolaka, Jumat (26/4/2019).

Astor Cokelat khas Kolaka ini sangat diminati pengunjung expo. Selain harganya ‘ramah’ di dompet berkisar Rp 10.000 sampai Rp 20 ribuan, Astor Cokelat ini juga sangat gurih.

Cemilan Gebyo dari pelaku UMKM Kolaka dipamerkan di expo Sultra. (Foto: Nely/SULTRAKINI.COM)

Produk lainnya ikut dipamerkan, berupa kembang goyang atau Kebyo hasil produk inovasi pemuda pemudi di Kolaka. Produknya dikenal laris di pasaran dengan berbagai varian rasanya.

Dinas Koperasi dan UMKM setempat turut memberikan bantuan pengembangna usaha, seperti kompor dan alat menggoreng kepada pelaku usaha. “Pak bupati rencanakan tahun ini dibantu modal UKM pemula,” tambah Yuyun.

Laporan: Nely
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.