Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

Pelantikan Kades Terpilih di Buton Dilakukan Awal April

SULTRAKINI.COM: BUTON – Pelantikan 7 kepala desa terpilih di Kabupaten Buton pada Pilkades serentak 6 Maret lalu, bakal dilaksanakan awal April 2016.

 

Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Kabupaten Buton, Wa Ode Hanasia mengatakan, saat ini pihaknya belum bisa memastikan waktu pelantikan kades terpilih. Pasalnya harus dikoordinasikan dengan Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun.

 

\”Awal bulan April sudah bisa, cuman kan kepastiannya itu kita tunggu dulu Pak Bupati. Karena beliau sekarang masih di Jakarta,\” katanya saat dihubungi, Senin (14/3/2016).

 

Selain itu, kata Hanasia, saat ini pihaknya masih menunggu beberapa tahapan yang mesti diselesaikan di desa, mulai dari BPD, kecamatan, hingga kabupaten.

 

\”Sementara ini kita masih rampungkan usulan-usulan dari desa, mulai dari BPD, kecamatan hingga ke kabupaten, untuk kita mintakan agar dibuatkan SKnya, \”jelasnya.

 

Tidak hanya itu, lanjut dia, sebelum dilakukan pelantikan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, pemerintah memberikan ruang kepada pihak terkait yang mungkin merasa keberatan dengan hasil Pilkades.

 

\”Istilah menunggu, mungkin ada pihak-pihak tertentu yang komplin dengan hasil pilkades itu, tapi meskipun tidak ada yang komplain, kita tetap memberi waktu, memberi ruang, itu sudah ada ketentuannya,\” tambahnya.

 

Berdasarkan peraturan yang ada, pelantikan kepala desa terpilih tersebut, jelas Hanasia, dilakukan sekitar 1 atau 2 minggu pasca Pilkades.

 

\”Biasanya 1 atau 2 minggu setelah pemilihan langsung pelantikan,\” tandasnya tanpa menyebutkan secara detail aturan yang mengatur tentang pelantikan kepala desa.

 

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.