Pembahasan APBD Muna 2021 DPRD Menunggu RAPBD

SULTRAKINI.COM: MUNA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muna masih menunggu Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2021 Pemda Muna untuk dilakukan pembahasan dan penetapan.

“Kita masih menunggu RAPBD dari Pemda Muna, rencananya akan dimasukan besok,” kata Ketua DPRD Muna, La Saemuna, Selasa (19/1/2021).

Dia melanjutkan, setelah diserahkan, pimpinan DPRD akan melakukan rapat dalam menentukan rapat badan musyawarah (Bamus) untuk menentukan jadwal pembahasan APBD Muna 2021.

Menurutnya, pengesahan APBD terkesan lambat dibahas, dikarenakan ada regulasi yang mesti disesuaikan.

“Memang lambat, menyesuaikan dengan regulasi baru, kan dari SIMDA ke SIUPD, disesuaikan dengan aturan Kemendagri,” ucapnya.

Sesuai dari informasi Pemda yang didapatnya, bahwa pembahasan APBD harus sampai dengan 31 Januari 2021, mesti selesai dibahas.

“Kami tidak tahu apa konsekuensi bila melewati waktu itu,” akunya.

Kepala Bidang Anggaran Badan Keuangan dan Aset (BKAD) Muna, La Ode Abdul Salam menyampaikan, ada tahapan yang harus dilewati untuk menyelesaikan dan menyerakan RAPBD ke DPRD.

“Setelah ditetapkan KUA/PPAS, RAPBD tidak langsung selesai, karena ada tahapannya. Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) harus mengundang semua SKPD untuk melakukan penyusunan rencana kerja anggaran (RKA). Dari RKA lahirlan RAPBD, itulah yang akan kita bawah ke DPRD untuk dilalukan pembahasan,” katanya.

Dia menyatakan, RKA masih dalam proses penginputan disistem, dan  secepatnya dibawah ke DPRD.

“Ini sementara kita melakukan penginputan RKA, bila jadi sebentar sebentar kita bawah, dan bila jadi besok, besok baru bisa kita bawah,” tuturnya. (B)

Laporan: LM Nur Alim
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.