Pembangunan Asrama Terpadu MAN 1 Buton Diresmikan

SULTRAKINI.COM: BUTON – Tahapan pembangunan Asrama Terpadu MAN 1 Buton diresmikan Bupati Buton, La Bakry, Senin (28/9/2020). Ditargetkan bangunan yang terletak di Kelurahan Awainulu, Kecamatan Pasarwajo ini rampung pada akhir Desember 2020.

La Bakry mengatakan, pembangunan Asrama Terpadu tidak terlepas dari peran Kementerian Agama Buton dalam upayanya meningkatkan nilai keagamaan di wilayan Buton. Pemda akan terus membantu semua program Kemenag dalam kebaikan dan pembentukan keimanan generasi muda Buton. Termasuk mendukung rencana pembangunan perguruan tinggi di Buton sebagaimana permintaan masyarakat.

“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kementerian Agama dalam upaya meningkatkan keimanan di zajirah Buton ini. Kalau rencana perguruan tinggi Islam akan dibangun, pemerintah bisa menyiapkan lahan tanah 10 hektare di Desa Galanti, Kecamatan Wolowa,” ujarnya.

Asrama yang dirancang bisa ditempati 40-80 santri itu, diharapkan menjadi amal jariyah bagi pemerintah, individu, dan semua elemen yang terlibat selama pembangunannya. Asrama tersebut akan menjadi tempat bagi para hafiz penghafal Al Quran.

“Mudah-mudahaan tempat ini nanti mencetak stok hafiz Quran. Saya menyambut baik pembangunan ini semoga kementerian terus membangun yang kedua, ketiga dilanjutkan terus sehingga kita bisa maju,” ucapnya.

Ditambahkan Kepala Kantor Kemenag Buton, Mansur, rencana pembangunan Asrama Terpadu diupayakan sejak tiga tahun lalu.

yamaha

Saat ini pengembangan kegiatan keagamaan di Buton mulai lemah, kata dia, sehingga masyarakat mempunyai keinginan meningkatkan kegiatan keagamaan salah satunya membangun perguruan tinggi islam.

“Saat ini pembangunan Asrama Terpadu. Selain Kota Kendari dan diprioritaskan di zajirah Buton, kita ingin memperkuat peradaban Islam,” terangnya.

Kementerian Agama juga berencana membangun laboratorium terpadu dengan anggaran Rp 9 miliar untuk meningkatkan pengetahuan para siswa dan siswi.

Peletakan batu pertama peresmian pembangunan Asrama Terpadu MAN 1 Buton dilakukan oleh La Bakry dan disaksikan jajaran Kemenag Buton, tokoh agama se-Buton, dan tokoh masyarakat.

Ditargetkan asrama tersebut rampung pada 29 Desember 2020 dan bisa digunakan pada Januari 2020. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.