SULTRAKINI.COM: WAKATOBI - Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, akan merampungkan pembangunan jalan by pass Wanci-Mandati pada 2018 nanti.

Pembangunan By Pass Wanci-Mandati, Pelabuhan Rakyat Terancam?
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Wakatobi, Nur Saleh. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

"Anggaran pembangunan By pass sudah masuk dalam Anggaran Belanja Daerah tahun 2018, jadi saya pastikan nanti By pass sepanjang dua kilometer lebih ini akan rampung," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Wakatobi, Nur Saleh, Selasa (5/12/2017).

Hal ini dilakukan agar penataan pemukiman di pesisir pantai dari Pelabuhan Wanci hingga Pelabuhan Pangulubelo, Mandati bisa tertata secara baik.

Nantinya, sepanjang by pass tersebut akan ditempatkan ruang publik sebagai lokasi rekreasi. "Karena selama ini kita krisis dengan ruang publik. Keluhan wisatawan kalau sudah malam mereka bingung mau kemana," tambah Nur Saleh.

Sementara untuk mengantisipasi keluhan masyarakat dan pihak-pihak terkait, soal pembangunan by pass akan membelah Pelabuhan Wanci dan Pelabuhan Very serta terancam tutup beberapa pelabuhan pribadi dan Pelabuhan Rakyat, pihaknya telah memberikan gambaran kepada para ahli dan pembuat master plan untuk mengakomodir semua kepentingan pihak terkait.

"Semestinya kan keberadaan pelabuhan pribadi ini tidak boleh, tapi kita sudah pikirkan semua, agar tidak ada yang dirugikan, karena ini untuk kepentingan publik," ucapnya.


Laporan: Amran Mustar Ode

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations