SUARA

Pembangunan Dermaga Fery Kaledupa Masuk di Renstra Kemenhub 2018

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara keciprak anggaran Rp 5,5 miliar dari Kementerian Perhubungan untuk penggalian alur masuk Dermaga Fery di pulau Kaledupa di 2018.

“Tahun ini kan uda ada alokasi dan sekitar Rp 5 miliar untuk pematangan lahan di Keledupa,” kata Sekda Wakatobi, Muh. Ilyas Abibu, Kamis (5/4/2018).

Ilyas Abibu menambahkan, tahun ini baru pembangunan Dermaga Fery di pulau Keledupa, sementara pulau Tomia dan pulau Binongko menunggu di 2019. Namun tahun ini, Pemda Wakatobi telah menganggarkan pembebasan lahan Dermaga Fery di Wakatobi 2 (pulau Kaledupa, Tomia, dan Binongko).

Rencana pembangunan Dermaga Fery di pulau Kaledupa, yaitu sekitaran Desa Ollo, untuk pulau Tomia disekitaran Desa Waitii, dan di pulau Binongko sekitaran Desa Rukuwa.

yamaha

“Namun sementara untuk pulau Wangi-wangi, Pemda belum merencanakan lokasinya nanti dimana. Nanti selesai pembangunan di dermaga di Wakatobi 2 dulu baru kita pikirkan lagi, dermaga penyebrangam Wakatobi 2 di Wangi-wangi dimana karena tidak mungkin kedepan kita akan gunakan Dermaga Fery yang ada untuk penyeberangan ke Wakatobi 2 karena terlalu jauh putarnya,” jelas Ilyas Abibu.

Kepala Dinas Perhubungan Wakatobi, Hariadin mengatakan untuk tahap pertama, baru pulau Kaledupa yang masuk di rencana strategi (renstra) Kemenhub, yaitu Rp 5,5 miliar, sementara pulau Tomia dan Binongko akan masuk di renstra Kemenhub 2019.

“Di tahun 2019 nanti, Demaga Fery Kaledupa akan mendapatkan tambahan Rp 68 miliar, pulau Tomia Rp 67 miliar, dan pulau Binongko Rp 68 miliar,” ujarnya.

 

Laporan: Amran Mustar Ode

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.