Pembangunan GOR Porprov di Buton, Ali Mazi: Masalah Uang, ya Kita Support

SULTRAKINI.COM: BUTON – Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi akan mendukung anggaran pembangunan stadion penunjang Pekan Olahraga Provinsi pada 2022 di Kabupaten Buton. Rencana lokasi pembangunan juga dinilai gubernur bisa mendatangkan sumber-sumber penghasilan baru bagi perekonomian masyarakat.

“Ini kan masalah uang saja, yah kita support lah. Lokasi ini bisa dijadikan destinasi pariwisata. Inilah harapan kita,” ucapnya dalam keterangan tertulis ketika kunjungan kerja di Buton, Minggu (31/1/2021).

“Di lokasi tersebut tidak menutup kemungkinan ke depannya akan ada pembangunan hotel maupun penginapan. Ini akan menjadi sesuatu yang luar biasa, yang kira-kira menjadikan kehidupan baru masyarakat,” sambungnya.

Gubernur juga berharap, dalam proses pembangunannya lebih mengedepankan aspek kualitas sehingga bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu lama. Di satu sisi, dirinya mengapresiasi dukungan masyarakat sekitar atas hibah tanah untuk lokasi pembangunan stadion.

Kantor Bulog Raha

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Buton, Zainuddin Napa, menerangkan Buton sebagai tuan rumah Porprov 2022 terus mempersiapkan fasilitas penunjang pesta olahraga empat tahunan itu. Sekitar 12 hektare lahan di Desa Banabungi, Kecamatan Pasarwajo (samping perkantoran Takawa) disediakan untuk pembangunan stadion, kolam renang, dan wisma atlet. Fasilitas tempat ibadah dan ruang publik juga akan melengkapi bangunan itu.

“Salah satu syarat penyelenggaraan porprov itu ada tiga, yaitu ada stadion atau GOR paling kecil, ada kolam renang, ada wisma atlet. Pemkab Buton bertekad akan menyukseskan ajang Proprov 2022 dan akan menjadi kebanggaan besar bagi masyarakat Buton,” terangnya.

Kunjungan kerja Gubernur Ali Mazi di Buton turut di dampingi Bupati Buton La Bakry, Wakil Bupati Buton Iis Elianti, Kapolres Buton AKBP Gunarko, dan sejumlah kepala OPD Sultra maupun lingkup Pemkab Buton.

Tidak hanya rencana lokasi pembangunan stadion dikunjungi Ali Mazi. Lokasi lainnya juga didatangi adalah persiapan pembangunan sarana dan prasarana Porprov 2022, Pelabuhan Banabungi, Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Pasarwajo, dan Pusat Perkantoran Pemkab Bupati Buton di Takawa. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.