Pembangunan Menggeliat, Mubar Bangun Pasar Modern

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Sebagai Daerah Otonomi Baru, pembangunan Kabupaten Muna Barat terus digenjot. Menggeliatnya pembangunan Mubar ini, ikut mendorong laju pertumbuhan ekonomi. Pembangunan di sektor ini pun makin ditingkatkan.

Salah satu upaya pemerintah dalam pembangunan ekonomi, dengan membangun Pasar Modern di Kelurahan Wamelai Kecamatan Lawa.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Muna Barat, Muntu, saat ditemui SULTRAKINI.COM pekan lalu mengatakan, pasar yang tengah dibangun ini termasuk yang termewah di daratan Muna.

“Saat ini Kabupaten Muna Barat telah memiliki pasar tradisional dengan konsep modern. Model pasar ini termasuk pasar yang mewah di Kabupaten Muna Barat, bahkan mungkin termewah di daratan Muna,” katanya.

Pembangunan pasar ini gayung bersambut dengan program pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan, yang telah menyiapkan anggaran untuk pembagunan 5000 pasar di seluruh Indonesia.

yamaha

Pasar tersebut dibangun dengan menggunakan APBN sebesar Rp5 miliar, diturunkan secara gelondongan. Terdiri dari 40 lods, sudah termasuk pasar kering dan pasar basah. Ditambah fasilitas lainnya seperti Musholah, area bongkar muat, tempat pembuangan sampah dan tempat parkir yang luas.

Penghuni pasar diprioritaskan pada pedagang lama yang sebelumnya menempati lokasi pembangunan pasar ini, berdasarkan data pedagang yang dihimpun dari Kelurahan Wamelai.

“Rencana pembangunan pasar tradisional seperti ini, akan dibangun pula di beberapa tempat di Kabupaten Muna Barat, diantaranya bertempat di Kecamatan Kusambi, Desa Sinar Surya Kecamatan Tiworo Selatan, dan Desa Mekar Jaya Kecamatan Tiworo Tengah,” ungkap Muntu.

Harapan pemerintah, dengan adanya pasar ini kedepan dapat meningkatkan daya beli masyarakat sehingga investor ikut tertarik untuk berinvestasi.

 

Kontributor: Novrizal R Topa
Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.