SULTRAKINI.COM : KONAWE UTARA - Pembangunan Pasar nelayan dan Dermaga di Desa Otipulu Kecamatan Wawolesea dimulai, hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Konawe Utara, H Ruksamin bersama Wakilnya Raup S,Ag., Kamis (02/10/2017).

Pembangunan Pasar Nelayan dan Dermaga Dimulai
Ruksamin saat melakukan peletakan batu pertama bersama wakilnya Raup dan didampingi Sekda Konut, Martaya. (Foto: Arifin Lapotende/SULTRAKINI.COM).

Pasar nelayan dengan panjang 25 meter yang dikerjakan secara swakelola ditargetkan selesai Desember 2017 menggunakan anggaran ABBD Konut melalui Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi Konawe Utara.

Ruksamin mengatakan pihaknya menginginkan pembangunan pasar tersebut dilakukan langsung oleh masyarakat setempat, agar anggaran yang diperuntukan untuk pembangunan pasar tersebut dapat dirasakan masyarakat atau berputar dimasyarakat setempat.

"Artinya, kita berikan langsung kepada masyarakat yang mengerjakan supaya pekerjaannya cepat selesai dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Sehingga uangnya berputar disitu artinya pelan pelan kita membangun kesejahteraan masyarakat sesuai dengan visi misi kita. Ini dulu yang kita lakukan khusus untuk pasar nelayan, setelah itu kita akan lihat lagi bantuan apa yang akan kita turunkan, sembari kita melihat animo masyarakat bagaimana memanfaatkan fasilitas yang ada," jelasnya.

Dikatakannya, para nelayan tidak perlu lagi jauh-jauh mencari penada atau pembeli untuk menjajakan hasil tangkapannya, tetapi cukup dijual di pasar nelayan.

"Saya ingin pemanfaatannya dan pengelolaannya melalui koperasi sehingga dapat berkembang," tambahnya.

Sementara itu salah satu warga Desa Otipulu, Samir, mengatakan sangat bersyukur dengan adanya pembangunan pasar nelayan tersebut karena nelayan tidak perlu lagi keluar mencari pasar untuk menjual hasil tangkapan

"Kita juga harapkan pasar nelayan ini dijadikan pasar tetap, bukan hanya dijual ikan saja," harapnya.


Laporan : Arifin Lapotende

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations