SUARA

Pembentukan Karakter Siswa dengan Program Dokter Cilik

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Petugas Kesehatan dari Bidang Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Puskesmas Perumnas mendatangi 27 sekolah yang di wilayah Kecamatan Kadia, Kota Kendari.

Kedatangan Petugas Puskesmas Perumnas ini untuk melaksanakan salah satu program tahunan Dinkes Kota Kendari yakni pembinaan UKS, penjaringan dokter cilik dan pemeriksaan kesehatan. Program ini dilaksanakan Dinkes bekerjasama dengan Puskesmas untuk sekolah dalam tiap wilayah kerja Puksesmas.

“Dalam rangka pemantauan tumbuh kembang anak didik,” kata Seorang petugas Puskesmas Perumnas Rina, Kamis (15/9/2016).

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan, Petugas Puskesmas akan memilih siswa untuk dilatih dan diberikan pengetahuan tentang kesehatan khususnya pertolongan pertama di sekolah yang dikunjungi.

yamaha

Melalui program Dokter Cilik, siswa yang terpilih yang diberikan pengetahuan tentang, obat-obatan, alat-alat kesehatan dan pertolongan pertama. Tidak hanya di sekolah di wilayah kerja Puskesmas Perumnas, program ini juga dilaksanakan di sekolah lain se-Kota Kendari.

Salah satu sekolah yang dikunjungi Petugas Puskesmas Perumnas yakni Sekolah Dasar Swasta (SDS) Kartika Kendari. Disekolah ini dokter cilik dipilih dari seswa kelas IV dan V.

Terkait program ini, Kepala SDS Kartika Kendari Amos. A mengatakan program ini dapat membentuk pola hidup sehat siswa dan menularkannya ke masyarakat. “Bisa membentuk cinta kesehatan diri sendiri. Dan membawanya ke masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya juga, keberadaan Dokter Cilik dinilai positif untuk pembentukan karakter dengan pemanfaatan ruang UKS sekolah dan membentuk kemandirian serta saling tolong menolong siswa.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.