Pilkada koltim

Pemda Baubau Bantu Korban Kebakaran Rumah yang Dihuni 49 Orang

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Pemerintah daerah Kota Baubau melalui Dinas Sosial turut memberikan kepeduliannya terhadap korban kebakaran rumah yang dihuni oleh 49 orang dari delapan kepala keluarga di Jalan Tanggul RT 002/ RW 005, Kelurahan Bataraguru, Kota Baubau pada Rabu (21 Oktober 2020) lalu sekitar pukul 16.00 Wita, dengan memberikan bantuan peralatanj rumah tangga dan kebutuhan lainnya.

Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, yang juga menghadiri kunjungan dan pemberian bantuan terhadap korban kebakaran tersebut mengatakan, bantuan yang diberikannya merupakan wujud kepedulian Wali Kota Baubau, AS Tamrin, terhadap warganya yang tertimpa bencana.

Monianse mengaku meskiupun bantuan dari pemerintah ini tidak sebanding dengan nilai kerugian yang dialami oleh korban kebakaran. Tapi, ia berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban korban kebakaran.

Dikatakannya, agar kejadian tersebut dapat menjadi pelajaran bagi semua warga kota Baubau, sehingga lebih berhati-hati dan berusaha untuk menghindari terjadinya kebakaran.

“Semoga ini dapat menjadi pelajaran bagi kita semua, jaringan listriknya juga harus diperhatikan agar tidak terjadi arus pendek yang bisa mengakibatkan kebakaran,” terangnya.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Baubau, Hasrudin Mukmin, mengatakan bantuan Pemerintah Kota Baubau yang diberikan kepada korban kebakaran yang terjadi pada Rabu, 21 Oktober 2020 berupa bantuan peralatan rumah tangga dan pakaian bersumber dari dana APBN.

Pilkada

“Sedangkan bantuan berupa beras 25 Kg, satu rak telur, dan mie instan bersumber dari dana APBD Kota Baubau,” kata Hasrudin, Jumat (23/10/2020).

Hasrudin berharap dengan adanya bantuan yang diberikan dapat mengurangi beban yang dialami para korban.

“Tidak ada orang lain di dalam rumah itu. Mereka adalah orang tua, anak, cucu, dan cicit tinggal di petak saja di dalam satu rumah itu. Kita berharap, bantuan ini dapat meringankan beban para korban kebakaran ini,” ujarnya.

(Baca: Sebuah Rumah Dihuni 49 Orang Terbakar di Baubau, Ibu dan Anak Nyaris Terkurung di Kobaran Api)

Sementara itu, Idris anak dari pemilik rumah La Imbu, usai menerima bantuan tersebut mengaku saat ini dia bersama istri dan anaknya masih menumpang sementara di rumah kerabatnya. Sementara orang tua (La Imbu) dan saudaranya yang lain memilih bertahan di rumah semi permanen di tepi kali tepat di depan rumahnya yang telah terbakar.

“Alhamdulillah kita bersyukur dengan adanya bantuan ini, sedikitnya meringankan juga kita punya beban. Kami juga mengharapkan adanya bantuan lain, agar kami dapat membangun kembali rumah kami yang saat ini tersisa puing-puing,” ucap Idris. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.