000 HPN Prov

Pemda Buteng Bakal Perda-kan Agenda Kebudayaan

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Bupati dan Wakil Bupati Buton Tengah (Buteng), Samahuddin dan La Ntau berjanji akan mengembangkan dan memperkenalkan semua potensi budaya di wilayah pemerintahannya. Bentuk pelestarian budaya ini, dilakukan pihaknya guna mewarisi budaya Buteng dari generasi ke generasi dan dikenal khalayak luas.

“Selama kepemimpinan Samatau (Samahuddin dan La Ntau), semuanya itu (budaya) kami akan lestatikan,” ucap bupati Buteng saat menghadiri acara budaya Kande-kandea di Kecamatan Sangia Wambulu, Sabtu (15/6/2019).

Banyak kebudayaan dimiliki masyarakat Buteng, misalnya Bonkaana Tau di Kecamatan Gu, Kamomose di Kecamatan Lakudo, Kasebu di Kecamatan Mawasangka, dan Kande-kandea di Kecamatan Sangia Wambulu.

Pemda menargetkan, semua kegiatan kebudayaan bakal dipatenkan dalam bentuk peraturan daerah. Langkah ini juga ditujukan agar generasi Buteng bersemangat mengembangkan kebudayaan daerah yang diwarisi dan dijaga para orang-orang terdahulu.

“Seperti kagiatan saat ini (Kande-kandea), semua unsur kami libatkan mulai dari pelajarnya, orangtuanya, sampai di tingkat pemerintahannya,” tambahnya.

Salah seorang pemuda asal Kecamatan Sangia Wambulu Uzi mengaku bahagia dengan hadirnya agenda kebudayaan. sebab, langkah ini membantu mempererat silaturahmi juga bentuk pelestarian dan promosi budaya.

Ditempat yang berbeda, salah satu pemuda dari Kecamatan Sangia Wambulu Uzi (nama pangilan) mengatakan sangat bahagia dengan adanya acara adat seperti ini, sebab selain ajang mempererat silaturahim kepada semua masyarakat disini juga sebagai ajang mempertemukan kami juga dengan keluarga yang tinggal jauh.

“Saya sangat bahagia, mudah-mudahan tetap dilaksanakan terus,” ujarnya, Senin (17/6/2019).

Laporan: Ali Tidar
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.