Pemda Buton Bagikan Bansos kepada 1.462 Keluarga

SULTRAKINI.COM: BUTON – Sebanyak 1.461 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan atau PKH di Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara mendapat Bantuan Sosial dari Kementerian Sosial RI melalui pemerintah daerah. Bantuan secara simbolis diserahkan Bupati Buton, La Bakry di tiga lokasi pada Minggu, 4 Oktober 2020.

Penyerahan secara simbolis bansos berlangsung di Kantor Desa Kabawakole, Gedung Wakaaka, dan Baruga Holimombo di Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton.

La Bakry mengatakan, bantuan berupa beras masing-masing 45 kilogram dalam bentuk tiga karung beras ukuran 15 kilogram itu sengaja tidak dipusatkan di satu lokasi saja guna mencegah kerumunan massa dan menghindari penyebaran Covid-19. Bantuan ini merupakan permintaan dari Pemda kepada Kementerian Sosial untuk menambah bantuan pangan kepada masyarakat Buton yang terdampak Covid-19, khususnya penerima PKH. Dimana bantuan sosial bagi PKH diberikan sebelum Covid-19 sehingga pada pandemi ini kelompok PKH tidak mendapatkan BLT.

“Penerima PKH tidak lagi menerima BLT (Bantuan Langsung Tunai), untuk itu kami meminta kepada pihak Kementerian Sosial ditambahkan bantuan pangan, berupa beras selama tiga bulan, alhamdulilah dipenuhi. Bantuan beras pada hari ini semoga meringankan beban masyarakat Kabupaten Buton yang makin terhimpit akibat dampak merebaknya Covid-19 dan dapat meningkatkan imun tubuh,” terang La Bakry, Minggu (4/10/2020).

yamaha

Kadis Sosial Buton, Asnawi Jamaluddin, mengatakan total bansos, yakni 4.681 KPM di semua kecamatan, meliputi 321 keluarga di Kecamatan Wolowa, 416 keluarga di Wabula, 921 keluarga di Siontapina, 1.461 keluarga di Pasarwajo, 761 keluarga di Lasalimu Selatan, 467 keluarga di Lasalimu, dan 554 keluarga di Kapontori.

“Untuk hari ini Kecamatan Pasarwajo diserahkan bantuan sebanyak 1.461 Keluarga Penerima Manfaat dalam Program Keluarga Harapan. Namun, mulai dari Kaongkeongkea, Warinta, Wangu-wangu, dan Lapodi kemungkinan akan diselesaikan selanjutnya,” terang Asnawi.

Dirinya memastikan mekanisme penyaluran bantuan beras kepada para pendamping tertib dan tidak berkerumun sesuai protokol kesehatan Covid-19. Semua KPM di Buton yang tercatat juga dipastikan mendapatkan bantuan sesuai jumlah yang ditentukan.

Turut hadir pada penyerahan bansos secara simbolis Sekretaris Daerah Kabupaten Buton La Ode Zilfar Djafar, Kadis Pariwisata Rusdi Nudi, Kadis PMD Murtaba Muru, Camat Pasarwajo Amruddin, para lurah dan kepala desa se-Kecamatan Pasarwajo. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.