Pemda Buton Bakal Siapkan Ribuan Bibit Pala dan Kelapa untuk Petani

SULTRAKINI.COM: BUTON – Dalam upaya peningkatan standar ekonomi masyarakat sekaligus untuk ketahanan pangan, Pemerintah Kabupaten Buton berencana menyiapkan 10 ribu bibit kelapa Genjah dan 40 ribu bibit pala kepada para petani.

Hal tersebut dikatakan Bupati Buton, La Bakry, saat melakukan kunjungan di Kecamatan Lasalimu. Pada kesempatan tersebut La Bakry secara langsung melakukan tatap muka dengan Kelompok tani kaikalu di Desa Kakenauwe, Kecamatan Lasalimu pada Sabtu, 27 Maret 2021

Pada kegiatan Farm Field Day, Jagung Manis Exotic tersebut Bupati Buton berharap selain tanaman jangka pendek masyarakat juga harus menanam tanaman jangka panjang seperti Pala dan kelapa Genjah yang merupakan 2 komoditas  harapan masa depan.

“Melalui dinas pertanian di tahun  ini mengadakan 10 ribu bibit kelapa Genjah dan tambahan 40 ribu bibit pala. Rencananya sebagi langkah awal akan dibagikan secara merata,” katanya pada rilis Diskominfo dan Persandian Kabupaten Buton pada Minggu, 28 Maret 2021.

Plt Kadis Pertanian Kabupaten Buton, Ma’mul Djamal mengatakan Kelompok Tani Kaikalu merupakan yang paling aktif di banding kelompok tani lain. Selain bantuan Bibit pala dan kelapa dikata, salah satu kelompok tani yang paling aktif di kabupaten Buton. 

“Akan ada bantuan alat dan mesin brigade Alsintan yang akan stay di Kaikalu sehingga masyarakat dapat menggunakannya dengan baik,” tambahnya.

Ma’mul optimis kedepan pemerintah akan terus berupaya agar bantuan alat-alat pertanian akan terus bertambah tergantung dari aktifitas kelompok tani.

Untuk mendapatkan bantuan khususnya bantuan bibit Pala dan bibit kelapa Genjah, kata Ma’mul masyarakat yang memiliki  kelompok tani yang aktif perlu mengajukan proposal ke Penyuluh Pertanian yang ada di kecamatan masing-masing.

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.