Pemda Buton Selatan Siap Menuju Kabupaten Sehat 2021

SULTRAKINI.COM: BUTON SELATAN – Sebagai upaya persiapan menuju  Kabupaten Buton Selatan (Busel) yang sehat, aman, dan nyaman pada Tahun 2021,  Pemerintah Kabupaten Busel melalui Dinas Kesehatan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pembentukan forum kabupaten/kota sehat di Batauga, Jumat (11/12/2020).

Sekertaris Daerah Buton Selatan, La Siambo mengatakan sosialisasi ini sangat penting penting diadakan dimana pada Tahun 2021 kabupaten/kota sehat akan dilombakan dan dinilai mana yang menjadi kabupaten/kota sehat yang terbaik. Untuk itu, persiapan untuk Pemerintah Busel dilakukan sejak Tahun 2020 ini.

“Kabupaten/kota sehat itu akan dilombakan dan dinilai pada tahun 2021 sehingga diharapkan kepada semua pihak untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan ini mulai dari desa, kecamatan, OPD dan Dinas Kesehatan,” terang La Siambo saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara, Kamis (11/12/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Busel, La Ode Budiman, mengatakan wujud dari kabupaten/kota sehat yaitu suatu kondisi yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepekati masyarakat dan pemerintah daerah.

Dalam sosialisasi pembentukan forum ini, pihaknya menghadirkan pemateri dari dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara, Dedeh Nurhayati. Menurutnya untuk mewujudkan kabupaten/kota sehat yang perlu dilakukan yaitu bermula dari kesehatan keluarga sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan perekonomian masyarakat.

“Mewujudkan kabupaten/kota sehat ini sesuai amanat undang-undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009 bahwa setiap orang berhak atas kesehatan dan lingkungan yang sehat dalam mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya,” katanya.

Kegiatan ini juga sebagai tindaklanjut dari SK Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara Nomor 588 Tahun 2018 tentang pembentukan tim pembina dan verifikasi kabupaten/kota sehat tingkat provinsi yang sejalan dengan visi pemerintah menuju Sultra Sehat 2023.

Peserta terdiri dari Camat, Kepala Desa, perwakilan Puskesmas dan Petugas Promkes/Kesling se Kabupaten Buton Selatan. (B)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.