Pemda Butur Gelontorkan Subsidi Ratusan Juta untuk Perikanan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) mulai memperlihatkan komitmennya dalam mendorong kemajuan di sektor perikanan pada 2019. Daerah yang dinakhodai Abu Hasan tersebut, menganggarkan subsidi Rp 500 juta di sektor terebut.

Subsidi perikanan digunakan Pemda Butur untuk meningkatkan kualitas produksi rumput laut melalui penyediaan bibit, tali, perahu lengkap dengan mesinnya, dan rumah pengeringan.

“Program subsidi perikanan ini kita mulai laksanakan tahun ini. Kami fokus pada rumput laut karena disinyalir hasil produksi rumput laut memiliki mutu yang rendah,” ujar Abu Hasan, Selasa (15/1/2019).

Menurut Mantan Kabiro Humas Pemprov Sultra itu, rendahnya mutu rumput laut di Butur disebabkan cara pengeringannya. Artinya, banyak masyarakat mengeringkan hasil panen rumput laut di para-para (sejenis gazebo tanpa atap). Dengan pengeringan seperti itu, tidak kering seutuhnya.

“Kita membuat rumah pengeringan rumput laut yang bekerja sama dengan UHO. Kami berharap, subsidi ini-mutu rumput laut kita makin meningkat,” lanjutnya.

(Baca juga: Mahasiswa KKN UHO Diminta Perkuat Program Unggulan Buton Utara)

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.