Pemda Konawe Godok Sistem Informasi Berbasis E-Government

  • Bagikan
Kepala Dinas Kominfo Konawe, Munawar Taligana. (foto: Mas Jaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Konawe, baru beroperasi di 2017. Sebelumnya tugas pokok dan fungsi dinas tersebut, melekat di Dinas Perhubungan. Sebagai SKPD baru, Kominfo pun mulai menampakkan keberadaannya melalui sistem berbasis online.

Kepala Diskominfo, Ir. Munawar Taligana Konawe mengatakan, salah satu program unggulannya ialah menciptakan sistem informasi Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe, berbasis elektronik atau dikenal Electronic Government. Dengan sistem tersebut, Diskominfo akan membuat data center di bidang pemerintahan.

“Program ini akan menjadikan Diskominfo sebagai pusat data pemerintahan Konawe. Jadi siapa saja yang mau tahu tentang apa saja tentang pemerintahan, bisa menghubungi kami,” katanya, Senin (13/03/2017).

Munawar menjelaskan, secara teknis Diskominfo akan mengambil seluruh data website program pembangunan Pemda. Termasuk tingkat dinas, badan atau bagian. Semua data yang dimaksud akan dikelola memalui website Diskominfo.

“Kalau sudah seperti ini, anda mau akses apapun tentang Konawe, semuanya dapat tersajikan di internet. Dulu itu, waktu kita mau cari profilnya Pemda Konawe saja susahnya minta ampun. Makanya dengan sistem E-Government ini, semua akses menjadi lebih mudah,” terangnya.

Pihaknya juga mengakui tantangan saat ini, terletak pada keberadaan infrastruktur ketersediaan jaringan. Selain itu, data elektronik atau website dinas, badan dan bagian juga belum sepenuhnya tersedia. Sehingga pihaknya masih perlu melakukan pendataan website SKPD.

“Sistem ini mewajibkan semua SKPD punya website. Kendalanya adalah apakah semua SKPD sudah punya akses itu. Hal inilah yang akan kita benahi dalam rangka menuju E-Government,” tandasnya. 

  • Bagikan