Pemda Konawe Rotasi Sejumlah Pejabat, Dua Jabatan Kepala SKPD masih Kosong

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Pemerintah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara merotasi kepemimpinan di sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Hal ini dinilai untuk meningkatkan kemajuan pembangunan daerah di wilayah setempat.

Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut diwakili Sekretaris Daerah Konawe Ferdinand atas nama Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, Senin (31/5/2021).

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dalam sambutan tertulisnya dibacakan Ferdinand mengatakan, dalam setiap organisasi–mutasi promosi maupun rotasi bertujuan meningkatkan wawasan, pengetahuan dan pengalaman kerja, serta menghindari terjadinya kejenuhan kerja pada satu OPD.

“Rotasi ini sangat dibutuhkan untuk membantu bupati dalam hal pembangunan daerah dan merupakan ‘angin segar’ untuk kemajuan daerah,” ujarnya.

Kery berpesan untuk para pejabat yang baru dilantik diharapkan lebih semangat dan menjadi teladan masyarakat dalam mendorong penyelenggaraan pembangunan di Kabupaten Konawe. Peranan pemerintah merupakan suatu harapan bagi masyarakat untuk menciptakan sumber daya manusia yang dapat bersaing secara intelektual.

Di tempat yang sama, Sekda Konawe Ferdinand, menambahkan rotasi jabatan adalah tanggung jawab sebagai ASN untuk ditempatkan di mana saja, agar meningkatkan hasil kinerja yang maksimal.

“Jangan khawatir dengan perpindahan posisi kita yang baru, tapi harus tunjukkan kinerja kita di mana pun ditempatkan,” ucapnya.

Kepimpinan sekarang ini, lanjutnya, menerapkan kepemimpinan Adaptif di mana kemampuan dari seseorang secara cerdas mampu melihat dinamika dan cepat merespon secara positif dalam aspek peluang maupun permasalahan.

Untuk itu, para pimpinan SKPD yang dilantik agar mengandalkan kecepatan dalam penggunaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Kita harus mampu cepat merespon semuanya baik itu peluang maupun permasalahan,” tambahnya.

Foto bersama usai pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama lingkup Kabupaten Konawe. (Foto: Andi Nur Aris. S/SULTRAKINI.COM)

Untuk diketahui dalam rotasi jabatan sejumlah SKPD tersebut, terjadi delapan pergantian kepala dinas, dua staf ahli, dan satu asisten, Berikut rinciannya.

  1. Ilham Jaya, S.T.,MM jabatan sebelumnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup jabatan baru Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan.
  2. Drs. H. Herianto Wahab, M.Kes, jabatan sebelumnya Kepala Satuan Polisi Pamong Praja jabatan baru Kepala Dinas Lingkungan Hidup.
  3. Nasruddin, S.H.,M.H, jabatan sebelumnya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika jabatan baru Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.
  4. Drs. Muhammad Akib Ras, M.Si, jabatan sebelumnya Asisten I jabatan baru Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika.
  5. H. Gunawan Samad, SP.,M.Si, jabatan sebelumnya Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan jabatan baru Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura.
  6. Ir. Syahrudin, M.Si, jabatan sebelumnya Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura jabatan baru Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan.
  7. Ir. Muh. Syahrullah, jabatan sebelumnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) jabatan baru Staf Ahli Bupati Konawe.
  8. Samsul, S.E.,M.SA, jabatan sebelumnya Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan jabatan baru Staf Ahli Bupati Konawe.
  9. Daud Sirupa, S.E.,M.Si, jabatan sebelumnya Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana jabatan baru Asisten I.

Dari delapan SKPD yang berganti pimpinan, dua di antaranya masih berstatus kosong, yaitu PUPR dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. (B)

Laporan: Andi Nur Aris. S
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.