000 HPN Prov

Pemda Konsel Bentuk Sentra Perikanan di Kolono

SULTRAKINI.COM:KONAWE SELATAN- Pemerintah Daerah Konawe Selatan gandeng Perusahaan Umum (Perum) Perikanan Indonesia (Perindo), terkait pengembangan bisnis budi daya ikan. Komitmen ini, berlanjut dengan surat perjanjian pinjam pakai tanah milik Pemda Konsel, seluar 10 hektar kepada Perindo di Desa Puupi, Kecamatan Kolono.

“Ini merupakan salah satu upaya kita dalam mendukung percepatan pembangunan dan perekonomian nasional. Sekaligus upaya mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat,” kata Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga, Kamis (09/02/2017).

Ia menilai, cara tersebut bagian dari perbaikan kesejahteraan masyarakat Konsel utamanya sektor Perikanan. Mengingat sektor ini belum mencapai target 170 ribu ton per tahun. Dan sektor perikanannya masih sebatas 17 ribu ton per tahun. Untuk Itu, Kecamatan Kolono dipilih sebagai sentra penghasil perikanan di Kabupaten Konawe Selatan.

“Sekarang masyarakat jadi ujung tombak pembangunan. Olehnya saya minta kepala desa untuk memaksimalkan sejumlah warganya untuk mendukung program ini supaya bisa mencapai kesejateraan,” ujarnya.

Dikesempatan tersebut, Direktur Utama Perum Perindo, Syahril Japarin mengungkapkan, pihaknya akan melakukan kajian tentang potensi secara umum baik di bidang budi daya perikanan darat maupun perikanan laut. 

“Kita akan sertakan tenaga ahli bidang budi daya perikanan untuk mengkaji secara tepat bidang usaha yang akan dilaksanakan dalam skala industri untuk ekspor,” ucapnya.

Laporan: Adryan Lusa

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.