SUARA

Pemda Konsel Canangkan Gerakan Tanam Padi

SULTRAKINI.COM: KONSEL – Mendukung swasembada pangan nasional, pemerintah Kabupaten Konawe Selatan melaksanakan gerakan tanam padi serentak di Desa Atari Indah, Kecamatan Lalembu, Senin (19/09/2016). Dalam pencangan ini, Pemda juga melibatkan TNI.

Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga dalam sambutannya mengungkapkan, gerakan ini merupakan agenda nasional. Pencanangan upaya khusus (Upsus) Padi, Jagung, Kedelai juga sesuai visi Konsel, Desa Maju Konsel Hebat. “Pembangunan pertanian merupakan salah satu sektor yang menopang perumbuhan ekonomi masyarakat petani,” ungkap Surunuddin yang hadir didampingi Wakilnya, H Arsalim Arifin.

Melalui kegiatan tersebut, kata Surunuddin, diharapkan dapat menyumbang pendapatan domestik regional bruto (PDRB) khususnya untuk komoditas tanaman pangan. Kegiatan ini juga untuk mendukung ketahanan pertumbuhan sektor pangan di Konsel sesuai misi Meningkatkan Ekonomi Kerakyatan dalam Porgram Pembangunan Desa Terpadu (P2DT).

yamaha

Untuk program percetakan sawah baru yang didanai oleh APBN tahun 2016 pihaknya menargetkan 1000 hektar di tujuh kecamatan se Konsel. Salah satunya yakni Kecamatan Lalembuu yang juga dicanagkan sebagai pusat tanam padi nasional.

“Untuk potensi lahan cetak sawah di Konsel masih tersedia 3000 Ha. Seiring dengan gerakan tanam padi sawah ini bisa memanfaatkan lahan yang masih tersedia. Untuk di Kecamatan Lalembuu sendiri ada sekitar 329 Ha yang sudah tanam. Sementara ini kita canangkan lima hektar lagi,” ujar Surunuddin.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Danrem 143 HO Kolonel Inf. Imanuel Ginting SE bersama Dandim 1417 Kendari Letkol Eko Hermawan serta sejumlah pejabat lingkup SKPD.

Selain tanam padi bersama, Pemerintah melalui Dinas Pertanian Konsel juga menggelar lomba Bajak sawah yang diikuti kelompok tani di Konsel.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.