SUARA

Pemda Konsel Terima Piagam Opini WTP Tiga Kali Berturut-turut

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) kembali menerima Piagam Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan RI atas raihan Opini(WTP) tahun 2018. Penyerahan tersebut dilaksanakan di auditorium kantor Bupati Konsel, Senin (28/10/2019).

Penyarahan yang langsung diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jendral (Ditjen) Perbendaharaan Provinsi Sultra Arif Wibawa itu langsung diterima oleh Bupati Konsel, Surunuddin Dangga.

Dikatakan Arif, pemberian Piagam Opini WTP tersebut, merupakan bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah atas pengelolaan pertanggungjawaban keuangan daerah.

“Pemerintah pusat sangat mengapresiasi jajaran pemerintah daerah atas pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban keuangan daerah dengan baik dibuktikan dengan raihan predikat WTP,” Kata Arif dalam sambutanya.

Olehnya itu, untuk mendapatkan WTP Arif menyebutkan ada empat kriteria untuk pemerintah yang harus di siapkan pertama, kesesuaian laporan keuangan dengan standar akutansi pemerintah, efektifitas pengendalian internal, kecukupan pengungkapan informasi dan kepatuhan pada peraturan perundang undangan.

Selain itu, lanjut Arif semakin sempurnanya laporan keuangan suatu daerah akan meningkatkan daya saing, minat investor dan peningkatan jumlah dana insentif daerah (DID).

yamaha

“Jadi pemda yang terus mendapatkan WTP akan ditambai DID, Konsel sendiri akan menerima DID Rp 31 milliar, karena sudah tiga kali berturut-turut. Tapi kalau misalnya tidak dapat lagi WTP otomatis DID juga langsung hilang,” paparnya.

Sementara itu, Surunuddin Dangga dan seluruh jajaran pemerintah daerah Konsel mengaku sangat berterima kasih kepada Kementerian Keuangan RI yang telah menyerahkan plakat dan piagam Opini WTP tersebut.

“Alhamdulillah kita kembali menerima plakat dan piagam ini. Kedepannya kita akan berupaya agar Opini WTP dapat terus dipertahankan dan bahkan kita tingkatkan lagi kualitasnya,” Ujar Surunuddin.

Surunuddin juga menambahkan, dengan semakin baiknya laporan keuangan suatu daerah maka akan semakin mendapat kepercayaan.

“Karena biar bagaimanapun bantuan-bantuan tersebut akan diberikan tapi kalau pengelolaan keuangan tidak baik, pusat itu akan berpikir memberikan,” terangya.

Untuk di ketahui, Konsel sendiri telah mendapatkan wtp Tiga kali berturut-turut sejak periode 2016-2018. (c1r)

Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.