SUARA

Pemda Konut Terima Bantuan Sosial dari Perusahaan Tambang

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Pemerintah Daerah Konawe Utara, Sulawesi Tenggara menerima bantuan untuk korban banjir dari PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) dan PT Obsidian Stainless Steel (OSS).

Beberapa hari terakhir Kabupaten Konut dilanda banjir, bahkan menyulitkan arus transportasi akibat genangan air di ruas jalan. Status siaga juga dikeluarkan untuk wilayah setempat. Begitu juga mengungsi bagi warga yang terdampak bencana.

Sementara bantuan juga tengah diupayakan bagi para korban. Bantuan juga datang dari pihak PT VDNI dan PT OSS yang diterima langsung Bupati Konut, Ruksamin pada Minggu (21/6/2020). Bantuan diberikan, berupa puluhan ton beras dan minyak goreng untuk beberapa desa yang terdampak banjir.

“Kami berikan 30 ton beras dan 15 ton minyak goreng. Ini sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap warga Konut yang terkena banjir,” ucap External Affairs Manager PT VDNI dan PT OSS, Indrayanto.

Pihaknya berharap bantuan yang disalurkan bisa meringankan beban masyarakat yang dilanda banjir.

yamaha

Sementara itu, bupati Konut menyambut baik pemberian bantuan tersebut dan akan segera menyalurkannya kepada masyarakat yang mengungsi.

“Ini bantuan sangat besar, sangat membantu Pemda Konawe Utara dalam mengatasi musibah banjir ini,” ucapnya.

Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Konut mencatat, intensitas dan curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir mengakibatkan sejumlah kali di wilayah itu meluap, misalnya Kali Lalindu, Landawe dan Kali Lasolo hingga menggenangi permukiman warga di enam kecamatan.

Hingga Minggu (21/6), BPDB terus mengupayakan evakuasi masyarakat dibantu dengan tim dari TNI/Polri dan Basarnas. Sedangkan status tanggap darurat banjir ditetapkan melalui Keputusan Bupati Nomor 240 Tahun 2020.

Belum ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun BPBD mendata sebanyak 1.100 keluarga atau 1.514 jiwa mengungsi akibat banjir. (C)

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.