SUARA

Pemda Konut Tetapkan APBDP 2016 Sebesar Rp 814 Miliar Lebih

SULTRAKINI.COM: KONUT – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara menetapkan rancangan peraturan daerah tentang Perubahan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) menjadi peraturan Daerah (Perda).

APBDP 2016 Pemda Konut ditetapkan sebesar Rp 814.6 miliar lebih. Jumlah ini mengalami pengurangan sebesar 4,16 persen dari targetkan sebelumnya sebesar Rp 850.2 miliar lebih.  Pengurangan  tersebut sesuai Perpres Nomor 66 tahun 2016 dengan rincian pengurangan dana perimbangan sebesar 3,15 persen dan pendapatan daerah yang sah sebesar 1,2 persen.

Sementara untuk Belanja Daerah APBD P 2016 ditetapkan sebesar Rp 803,1 miliar lebih. Jumlah ini mengalami pengurangan sebesar 4,90 persen dari target sebelumnya sebesar  Rp 844,5 miliar. Pembiayaan daerah sebagaimana ditetapkan ini mengalami pengurangan Rp11 milyar dari target sebelumnya.

yamaha

Diungkapkan, Bupati Konawe Utara H. Ruksamin perubahan APBD tahun anggaran 2016 disusun sebagai langkah pemerintah daerah untuk menyesuaikan perubahan asumsi dasar ekonomi makro, menampung perubahan pokok kebijakan fisikal dalam rangka mengamankan pelaksanaan APBD tahun 2016.

Selain itu, hal ini juga untuk menampung inisiatif-inisiatif baru pemerintah terpilih sesuai dengan visi dan misi Konasara. “Perubahan APBD merupakan langkah penyesuaian yang dilakukan baik pada sisi pendapatan daerah, belanja daerah maupun pembiayaan daerah agar APBD yang dihasilkan lebih kredibel, realistis, dan akuntabel,” kata Ruksamin.

Lanjut, Mantan Ketua DPRD Konut ini, kebijakan esensial adalah pengalihan belanja kurang produktif ke belanja yang lebih produktif dalam rangka mempercepat pencapaian sasaran dan prioritas pembangunan daerah.

Setelah ditetapkan oleh Bupati Konut, Perda APBDP tersebut diserahkan kepada Plh Sekertaris Daerah Konut, La Ondjo didampingi Ketua DPRD yang diwakili Ketua Komisi A Rasmin Kamil dan disaksikan Wakil Bupati Konut, Rauf.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.