Pemda Mubar: Pengiriman Berkas Pelamar CPNS Melalui Kantor Pos

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Daerah Kabupaten Muna Barat (Mubar) bekerjasama dengan PT Pos Indonesia dalam pengiriman berkas lamaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018.

Kepala BKPP Mubar, Rosmasari Laute, mengatakan pendaftaran CPNS tidak hanya melalui sistem online, melainkan pelamar diharuskan mengirim berkas lamaran yang ditujukan ke BKPP Mubar dalam bentuk fisik melalui PT Pos Indonesia cabang Kambara, Kelurahan Waumere, Kecamatan Tiworo Kepulauan.

“Berkas yang disetor ke Kantor Pos tersebut. Pihak kantor pos akan menyerahkan ke BKPP Mubar untuk selanjutnya dilakukan verifikasi kelengkapan berkas pelamar. Jadi pihak Kantor pos setiap hari (sore hari) akan membawa berkas itu di kantor,” jelas Rosmasari.

Pemberlakuan sistem tersebut, lanjutnya, untuk mengantisipasi berkas pelamar tidak tercecer serta adanya tudingan miring kepada Pemda. Selanjutnya, tim verifikator akan mensortir berkas tersebut berdasarkan kriteria yang dituju oleh pelamar. Setelah verifikasi dilakukan pihaknya akan menginput data pelamar yang memenuhi persyaratan.

Ia juga akan memberikan catatan khusus pada berkas pelamar jika dinyatakan tidak lolos. “Catatanya kita akan tempel di sampul map peserta, jadi mereka tidak meraba-raba lagi,” terangnya.

Sedangkan pelamar yang berdomisili di luar Kabupaten Mubar, berkas lamaran dapat disetorkan ke Kantor Pos terdekat dan ditujukan ke alamat Kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Mubar.

Berikut persyaratan khusus
1. Membuat surat lamaran yang dibuat dengan tulisan tangan sendiri, tinta hitam, menggunakan huruf kapital, dan ditandatangani asli di atas materai 6000 sebanyak dua rangkap ditujukan kepada Bupati Muna Barat di Laworo dan tanggal surat lamaran disesuaikan dengan tanggal pada saat melakukan registrasi online dengan melampirkan:

a. ljazah asli Perguruan Tinggi I STTB terakhir dan fotokopy yang disahkan/dilegalisir oleh rektor/dekan/ketua/direktur bagi universitas/institut/sekolah tinggi/akademi/politeknik dengan stempel basah dan bukan stempel fotokopy sebanyak dua rangkap.

b. Asli transkrip nilai akademik dan fotokopy yang disahkan/dilegalisir oleh rektor/dekan/ketua/direktur bagi universitas/institut/sekolah tinggi/akademi/politeknik/perguruan tinggi negeri/swasta dengan stempel basah dan bukan stempel fotokopy sebanyak dua rangkap.

c. Akreditasi fakultas/jurusan minimal C.

d. Pas photo warma ukuran 3×4 sebanyak tiga lembar dan 4×6 tiga lembar dengan berlatarbelakang merah menggunakan kemeja berkerah.

e. Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK) yang masih berlaku serta fotokopy yang disahkan/dilegatisir oleh pejabat yang berwenang sebanyak dua rangkap.

f. Surat peryataan tidak penah dihukum penjara, dan lain-lain yang ditandatangani di atas materai 6000 oleh calon pelamar (sesuai Anak lampiran t-a Keputusan Kepala BKN Nomor 11 Tahun 2002), sebanyak dua rangkap (format surat pernyataan dapat diunduh di laman: https://sscn.bkn.go.id.

g. Surat penyataan tidak akan mengajukan pindah tugas sebelum memiliki masa kerja sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun sejak diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muna Barat, yang ditandatangani di atas materai 6000 oleh calon pelamar, sebanyak dua rangkap (format surat pernyataan dapat diunduh di laman: https://sscn.bkn.go.id.

h. Bagi pelamar disabilitas dapat melampirkan surat keterangan dokter.

i. Seluruh berkas pada huruf a,b,c,d,e,f, dan g harus berkas asli yang discan dan diupload di Portal SSCN.

j. Seluruh berkas a,b,c,d,e, dan f difoto copy dan dilegalisir serta dikirim:
Untuk yang berdomisili di Kabupaten Muna Barat lamaran langsung disetorkan pada Kantor Pos Muna Barat Alamat Kelurahan Tiworo, Kecamatan Tiworo Kepulauan, Kabupaten Muna Barat.

Sedangkan yang berdomisili di luar Kabupaten Muna Barat berkas lamaran dapat disetorkan ke Kantor Pos terdekat dan dituiukan ke Kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Muna Barat (Alamat: Kompleks Perkantoran Bumi Praja Laworo, Desa Lombu Jaya, Kecamatan Sawerigadi, Kabupaten Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara Kode Pos 93657 Sebagai syarat pendaftaran calon Pegawai Negeri Sipil.

2. Dalam lamaran harus menyebutkan jabatan yang akan dilamar;

3. Penerimaan lamaran dilaksanakan sesual jadwal yang ditentukan dalam pengumuman;

4. Berkas lamaran yang akan dikirim dengan memakai Map snelhecter dengan warna:
– Tenaga pendidik/guru: Guru SD: map snelhecter warna biru muda. Sedangkan guru SMP map Snelhecter warna biru tua;

– Tenaga kesehatan: Dokter: map snelhecter warna putih. Sedangkan tenaga kesehatan lain: map snelhecter warna kuning;

– Tenaga teknis: Teknik : map snelhecter warna merah. Sedangkan teknis lainnya menggunakan map snelhecter warna hijau.

5. Semua kelengkapan tersebut disusun rapi sesuai dengan urutan di atas dan dimasukkan dalam map, pada bagian depan map ditulis NAMA LENGKAP, PENDIDIKAN, JABATAN YANG DILAMAR, ALAMAT LENGKAP SESUAI KTP DAN KK, NOMOR TELEPON/HP.

Laporan: Akhir Sanjaya
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.