Pilkada koltim

Pemda Muna Terima Penghargaan dari Kemendagri

SULTRAKINI.COM: MUNA – Kementerian Dalam Negeri RI memberikan penghargaan kepada Kabupaten Muna atas prestasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) 2018 dengan status kinerja sangat tinggi.

Asisten I Pemda Muna, La Ode Muhammad Ruslan, mengatakan penghargaan dari Kemendagri merupakan mandat dari UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, yang berisi indikator kinerja kunci yang menghimpun tataran pengambilan kebijakan dan seluruh aspek penyelenggaraan urusan pemda.

“Jadi ini adalah bentuk apresiasi dari mendagri terhadap kinerja penyelenggaraan pemda yang setiap tahun melaporkan LPPD,” ujar Ruslan, Kamis (19/11/2020).

Dijelaskannya, Pemda Muna setiap tahun melaporkan LPPD. Pada 2018 yang dievaluasi pada 2019 oleh Kemendagri.

Pilkada

“Alhamdulilah, LPPD 2018 berhasil meraih predikat sangat tinggi dari Kemendagri. Ada empat kriteria penilaian. Pertama, sangat tinggi, tinggi, sedang, dan kurang baik,” jelasnya.

Keberhasilan prestasi tersebut, kata dia, tidak lepas dari peranan Bupati Muna, LM Rusman Emba yang selalu memberikan penegasan dan arahan sehingga semua organisasi perangka daerah bekerja maksimal dan profesional.

Terkait LPPD 2019 yang saat ini sedang penyusunan dan akan dievaluasi oleh Kemendagri, Pemda Muna memiliki target masuk 10 besar predikat terbaik di Indonesia.

“Poin Pemda Muna saat ini mencapai 3,1. Kita harus capai 4 poin untuk bisa masuk 10 besar di Indonesia. Bagi daerah yang masuk 10 besar akan diberikan reward, berupa dana insentif daerah (DID),” tambahnya. (C)

Laporan: LM Nur Alim
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.