SULTRAKINI.COM: WAKATOBI - Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, mendapatkan masing-masing satu unit mobil ambulans dan mobil pemadam kebakaran dari pihak Toyota Motor Corporation (TMC) di Prefektur Ehime dan Kochi, Jepang.

Pemda Wakatobi Dapat Mobil Ambulans dan Damkar dari TMC di Jepang
Satu unit mobil ambulans dan satu unit mobil pemadam kebakaran dari pihak Toyota Motor Corporation (TMC) untuk Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sultra di Prefektur Ehime dan Kochi, Jepang. (Foto: Dok.Pemda Wakatobi/SULTRAKINI.COM)

Bantuan mobil ambulans dan mobil pemadam kebakaran ini merupakan barang second bekas yang kondisinya masih layak untuk difungsikan di Indonesia.

Sehingga pada 20 November 2017, dilakukan serah terima bantuan mobil tersebut di Matsuyama, Ehime, Jepang. "Ini merupakan bagian ke tujuh dari misi Pemda terkait kerja sama Internasional," terang Kepala Bappeda Wakatobi, Saediman, Kamis (30/11/2017).

Pada 6 Maret 2017 sebelumnya, delegasi Pemda Wakatobi turut serta ke Jepang sebagai bagian dari rombongan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) untuk penandatanganan nota kesepahaman antara beberapa kepala daerah dengan TMC di Prefektur Ehime dan Kochi.

"Delegasi Pemda Wakatobi terdiri dari Bupati Wakatobi, Arhawi, Ketua tim pengerak PPK Wakatobi, Siti Safaria dan termaksud saya. Pada 9 Maret 2017 di Matsuyama, kami tandatangani MoU," kata Saediman.

Bupati Wakatobi, Arhawi menekankan bahwa mobil Damkar dan ambulans sangat penting bagi Kabupaten Wakatobi sebagai daerah pariwisata. Sebab bantuan ini secara tidak langsung membantu memberikan rasa aman bagi para wisatawan disaat darurat.

"Mobil-mobil yang diterima akan dipergunakan dengan sebaik-baiknya, dan Pemda akan memastikan perawatan dan pemeliharaannya (maintenance) sesuai manual dan SOP yang ada," ucap Arhawi.


Laporan: Amran Mustar Ode

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations