Pemerintah Desa Kurolabu di Butur Gagalkan Pengeboman Ikan

  • Bagikan
Pemerintah Desa Kurolabu mengamankan barang bukti bom ikan. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: BUTON UTARA – Pemerintah Desa Kurolabu, Kecamatan Kulisusu Utara, Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara menggagalkan penangkapan ikan menggunakan bahan peledak di sekitar perairan laut Kurolabu, Rabu (17/6/2020).

“Tadi kami berhasil mengamankan alat peledak bom ikan dari jergen dan botol,” ucap Kepala Desa Kurolabu, Haslin.

Bahan peledak tersebut berhasil diamankan, namun pelaku berhasil kabur dari kepungan warga.

Pemerintah Desa Kurolabu mengamankan barang bukti bom ikan. (Foto: Ist)

Pemerintah desa bersama masyarakat setempat akan terus berpatroli mencegah penggunaan bom ikan, sebab bisa merusak habitat ikan di terumbu karang. Salah satunya memperketat pengawasan di perairan Desa Kurolabu.

“Insya Allah mulai saat ini kami perketat penjagaan di wilayah laut kami dan kami akan lakukan apapun demi menjaga terumbu karang dan perkembangbiakan ikan di laut Kurolabu,” jelasnya.

Ditambahkan Sekdes Kurolabu, penjagaan perairan dari aktivitas bom ikan dilakukan demi melindungi laut yang merupakan lokasi mata pencarian masyarakat setempat.
Pihaknya berharap, pengeboman ikan tidak lagi terjadi di wilayah mereka demi kelangsungan hidup masyarakat.

“Semua ini kami lakukan demi nasib-nasib nelayan kami, dengan pencegahan kan dapat menjaga habitat ikan di laut dan para nelayan tidak susah dalam menangkap ikan untuk mencari nafkah demi keluarga mereka,” tambahnya. (C)

Laporan: Ardian Saban
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan