SULTRAKINI.COM: KENDARI - Puluhan pemilih pemula yang merupakan siswa SMA sederajat diperkenalkan tentang tata cara pemilu oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Kendari. Hal ini dimaksudkan, agar para siswa dapat ikut berpartisipasi menyalurkan hak suara perdananya dengan benar.

Pemilih Pemula Kendari Untuk Pemilih Cerdas
Ketua Panwaslu Kota Kendari, Sahinuddin. (Foto: Didul Interisti/SULTRAKINI.COM)

Dikatakan Ketua Panwaslu Kota Kendari, Sahinuddin, pemilih pemula rentan mendapatkan pengaruh buruk di sekelilingnya dikarenakan belum memiliki pengalaman.

"Oleh karena itu dengan memperkenalkan seperti ini, saat mereka memilih pertama kali nanti dengan bekal pemahaman yang baik tidak tersandera dan terkontaminasi hal di sekelilingnya," terangnya kepada SultraKini.Com di salah satu hotel di Kota Kendari, Senin (6/11/2017).

Sahinuddin mengaku, dalam memperkenalkan ke pemilih pemula ini, pihaknya juga berharap mereka dapat berpartisipasi dalam pengawasan pemilu. Untuk itu, ia menekan para pemilih pemula juga tidak segan memberikan informasi ke pihak panwas terkait tindakan pelanggaran pemilu.

"Kita berharap, mereka bisa menjadi jembatan bagi pemilih pemula terutama teman-teman di kelas dan sekolah mereka nanti," jelas Sahinuddin.

Dalam kegiatan yang berlangsung dua jam ini, peserta setiap sekolah berjumlah tiga orang ditambah dengan seorang guru pendamping.

(Baca: Pilgub Sultra Bentar Lagi, Begini Caranya Menjadi Pemilih Pemula Cerdas)


Laporan: Didul Interisti

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations