SUARA

Pemkab Bantul Sanjung Reformasi Birokrasi Pemkot Kendari

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (30/8/2018). Kedatangan aparatur Bantul guna mengkomparasikan sejumlah reformasi birokrasi Pemkot.

Selama kedatangannya itu, Pemda Bantul mengkomparasikan penataan kelembagaan perangkat daerah, pelimpahan kewenangan bupati kepada pihak kecamatan, pengelolaan Badan Usaha Kredit Pedesaan dan pengendalian program dan kegiatan.

Sekertaris Daerah Kabupaten Bantul, Riantono, menerangkan aspek tersebut di atas telah diterapkan Pemda setempat, namun perlu ditingkatkan melalui kunker tersebut.

Sehubungan pelayanan di tingkat kecamatan, kata dia, terkait pendelegasian kewenangan guna diterapkan di wilayah Bantul. Serta terpenting, OPD yang masih bernaung di bawah kewenangan pusat, seperti Kesbangpol Bantul. Pihaknya juga menyanjung reformasi birokrasi Pemkot Kendari.

yamaha

“Dari beberapa hal yang kami dapatkan di sini, ternyata Kendari sangat lumayan bagus. Reformasi birokrasi berjalan dengan bagus, kemudian OPD-nya juga bisa berkinerja dengan bagus. Jadi ini bisa kita jadikan sebagai bahan untuk saling sharing antara Pemerintah Kota Kendari dengan Pemerintah Bantul,” kata Riantono.

Mewakili Pemkot Kendari, Asisten Ahli Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Makmur yang menerima rombongan menyambut baik kunjungan Pemerintah Kabupaten Bantul. Pihaknya juga melakukan sharing, seperti pembangunan BLUD maupun pembangunan kawasan kumuh.

“Beberapa hal juga yang menarik dari mereka, antara lain penanganan smart city dan ternyata itu juga sudah ada di kita (Kendari) yang berdasarkan ekologi dan IT. Ini sangat positif sekali dan banyak hal yang bisa kita ambil dari mereka,” ucap Makmur.

Menyikapi kunjungan ini, mantan Kepala Dikmudora Kota Kendari itu mengaku bakal melakukan kunjungan balasan ke Bantul dengan melihat terlebih dahulu kesiapan anggaran serta perencanaan lainnya.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.