Pemkab Buteng Gratiskan Rapid Test Bagi Mahasiswa dan Perantau

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara mengratiskan rapid test bagi mahasiswa dan perantau yang ingin balik ke daerah rantaunya.

Mahasiswa maupun perantau diharuskan mendaftar untuk mendapatkan akses rapid test gratis di RSUD dan Dinas Kesehatan Buteng yang dibuka mulai Rabu, 3 Juni 2020.

“Kita sudah mulai buka rapid test gratis untuk mahasiswa dan perantau sekarang,” ucap Bupati Buteng, Samahuddin, Rabu (3/6/2020).

Menurut Samahuddin, saat ini untuk melakukan perjalanan ke luar daerah-para pelancong diharuskan memiliki surat keterangan sehat serta hasil rapid sebagai bukti sehat dari wilayah asalnya. Hal itu diberlakukan sebab adanya pemberlakuan new normal live di beberapa kota dan daerah di Indonesia, seperti Pontianak dan Jakarta.

“Supaya mereka tidak kesulitan di perantauan nanti, makanya sebelum keluar daerah-rapid dulu, nanti dikasih dengan surat kesehatan,” jelasnya.

Tidak ada syarat khusus untuk pendaftaran rapid test gratis. Para calon perantau dan mahasiswa cukup menunjukan KTP ataupun kartu mahsiswa kepada para petugas kesehatan yang melakukan pelayanan.

Kabupaten Buteng merupakan salah satu wilayah zona merah Covid-19 di Provinsi Sultra. Data gugus tugas Covid-19 hingga 2 Juni 2020 pukul 17.00 Wita, wilayah ini memiliki 179 orang tanpa gejala, satu orang dalam pemantauan, 0 pasien dalam pengawasan, dan 22 orang positif corona. (C)

Laporan: Agusrianto
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.