Pemkab Buton Bentuk Forum Libatkan Anak Muda


SULTRAKINI.COM: BUTON – Dalam rangka pelibatan anak-anak muda menjadi pelopor aktif dalam pemerintahan sebagai wujud kepedulian dan perhatian yang besar terhadap anak-anak, Pemerintah Daerah Kabupaten Buton membentuk Forum Anak Daerah Kabupaten Buton.

Pengukuhkan Forum Anak Daerah Kabupaten Buton Periode 2020-2021 yang dirangkaikan dengan Pelatihan Forum Anak Pelopor dan Pelapor (2P) dan Musrembang Anak Tingkat Kabupaten Buton sudah dilakukan Pemda di pimpin langsung oleh Bupati Buton La Bakry di Gedung Wakaka, Pasarwajo, Senin (23 November 2020) kemarin.

Bupati Buton, La Bakry mengatakan Pemerintah berkomitmen untuk mewujudkan partisipasi anak yaitu dengan cara memfasilitasi keberadaan forum anak ini.

“Forum ini dapat memberikan input dalam mempengaruhi kebijakan pemerintah untuk mewujudkan kepentingan terbaik bagi anak,” kata La Bakry.

Selain itu, Kata La Bakry forum ini juga merupakan salah satu cara pemerintah memberikan perlindungan kepada anak-anak agar terhindar dari hal-hal yang dapat merusak dan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak.

Perlindungan terhadap anak, lanjutnya, bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat manusia serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi

“Sehingga terwujud anak bangsa yang berkualitas, berakhlak mulia dan sejahtera,” katanya.

Untuk itu, La Bakry menekankan agar anak-anak memiliki dan sedapatnya mengambil andil yang besar untuk turut terlibat dalam setiap kegiatan.

Menurutnya forum anak ini sebagai penghubung aspirasi anak sehingga lebih mudah berkomunikasi.

Dikatakannya, jika komunikasi yang dilakukan adalah dengan teman sebaya atau sesama anak-anak lainnya. Maka hasil yang diharapkan juga langsung berdampak pada pertumbuhan, perkembangan dan peningkatan partisipasi anak.

Ketua Forum Anak Daerah Kabupaten Buton Periode 2020-2021 dipimpin oleh Muhammad Fikram Salim (Siswa SMAN 1 Pasarwajo), Wakil Ketua La Ode Arif Hidayat (Siswa SMAN 2 Pasarwajo), dan Sekretaris dijabat oleh Nur Cahyani (Siswi SMAN 1 Pasarwajo) .

Pengukuhan Forum Anak Daerah turut dihadiri oleh Kepala OPD terkait Kabupaten Buton, Pembina Forum Anak Sultra, Arsyaidar Habri, Fasilitator Forum Anak Nasional, Nanda Gabriela, Ketua Forum Anak Nasional Sultra, Faried Ananta, Forum Anak Provisni Sultra, Agil Ismail. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.