Pilkada koltim

Pemkab Fasilitasi Pembangunan Kantor Kodim dan Polres di Konut, Berharap Cepat Dibangun

SULTRAKINI.COM : KONAWE UTARA – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, di bawah kepemimpinan Ruksamin-Raup telah memfasilitasi rencana pendirian bangunan kantor Kodim dan Polres di Konawe Utara.

Rencana itu, Pangdam XIV/HSN Mayjen TNI Surawadi didampingi Danrem 143/HO Kol Inf Yustinus Nono Yulianto, Dandim 1417/Kendari Letkol Cpn Fajar Lutvi Haris Wijaya bersama Bupati Konut Ruksamin sudah meninjau lokasinya di Desa Banggarema Kecamatan Andowia pada Jumat 26 Juli 2019.

Selain meninjau lokasi rencana pembangunan Kantor Kodim rombongan juga meninjau lokasi rencana pembangunan Huntara bagi Korban banjir di Konut.

Bupati Konawe Utara, Ruksamin mengatakan jika rencana pembangunan kantor Kodim itu sepenuhnya dilakukan oleh Korem dan Kodim, pemerintah hanya memfasilitasi lahan rencana pembangunan kantor.

“Kami serahkan ke Korem/Kodim yang akan membangun, yang jelasnya kemarin Panglima Kodam sudah datang bersama Danrem dan Dandim langsung meninjau lokasi yang sudah saya serahkan. Dengan harapan tahun ini sudah bisa mulai pembangunannya,” Kata Ruksamin saat ditemui usai menutup Pelatihan Produktivitas UMKM di Aula Konasara, Sabtu (27/07/2019)

Sementara untuk anggaran, Kata Politisi PBB itu, bersumber dari mereka (Korem dan Kodim, red), Pemda Konut hanya menyiapkan lokasi dengan luasan 4 hektar. Hasil peninjauan lokasi sudah memenuhi syarat pembangunan Kantor Kodim.

Pilkada

“Jadi dalam waktu dekat saya akan perintahkan dari pihak PU, untuk land clearing dulu sambil kita lihat seperti apa, kita buka dulu lahannya, jadi tergantung dari pihak Korem atau Kodim mau mulai pembangunannya tahun ini atau tahun depan. Tetapi yang jelasnya lahannya sudah siap. Kami juga berharap agar pembangunannya bisa dilaksanakan tahun ini,” jelasnya.

Selain Kantor Kodim yang akan di bangun di wilayah Konawe Utara, Pemerintah Kabupaten juga sudah memfasilitasi rencana pembangunan Kantor Polres.

“Tinggal mereka (Polres) kapan membangunnya, yang jelasnya untuk lahan semua sudah siap,” ucapnya.

Mantan Ketua DPRD Konut itu,  berniat dan bersedia untuk mempercepat pembangunan kantor Kodim dan Polres. Tapi dengan catatan bargening putra putri daerah Konut yang memiliki besig, bisa direkrut jadi anggota Polisi dan Tentara.

“Saya punya tawaran, ini memang diluar dari ketentuan, tetapi jika bisa dimodifikasi menjadi inovasi boleh. Saya siap bangun kantor Kodim dan Polres, tinggal berikan model dan gambar rencana gedung kantornya. Tapi berapa anak-anak daerah yang bisa direkrut masuk jadi polisi dan anggota tentara ketika saya yang bangun?,” tutup Ruksamin.

Laporan: Arifin Lapotende

Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.