Pilkada koltim

Pemkab Minahasa Tenggara Mencontoh Pengembangan Pertanian di Konawe

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, Selasa (3/11/2020).

Wakil Bupati Minahasa Tenggara, Youke Legi dalam kunjungannya mengungkapkan tertarik akan sektor pertanian yang menjadi lumbung beras andalan Konawe, apalagi saat pandemi sekarang ini.

Dikatakannya, mekanisme teknologi pertanian dalam mendukung stok pangan, membuat Pemkab Minahasa Tenggara bakal mengadopsi gagasan pertanian itu di daerahnya.

“Kita akan adopsi teknologi pertaniannya, Konawe juga memiliki arel persawahan yang sangat potensial,” tuturnya.

Adapun teknologi pertanian di Konawe yang membuatnya tertarik ialah seperti penggunaan hand traktor menggunakan remote control.

Pilkada

“Pengembangan sektor pertanian di Konawe cukup luar biasa dan bakal dibawa pulang untuk diaplikasikan di Minahasa Tenggara,” tambahnya.

Youke Legi mengungkapkan, alasannya kunjungan kerja ke Konawe kali ini, karena Minahasa Tenggara menyerupai dengan Konawe jika dilihat dari potensi daerah yang dimiliki. Yang mengandalkan sektor pertanian, pertambangan, UMKM, pariwisata.

“Sektor pariwisatanya, kita juga telah mengunjungi pulau Bokori yang sangat indah. Termasuk sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pertambangan dan pariwisata di Konawe, semua luar biasa,” imbuhnya.

Sementara ditempat yang sama, Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara menjelaskan, pertemuan dengan rombongan Pemkab Minahasa Tenggara, membahas berbagai instrumen kebijakan didua daerah beda provinsi tersebut. Beberapa hal pokok menarik dibahas dalam lawatan silaturahmi itu.

“Jadi kita bisa saling mengisi dan menguatkan. Kita juga tertarik dan bakal mengadopsi beberapa hal dari pemkab Minahasa Tenggara. Salah satunya, sistem digitalisasi di pemerintahan setempat. Sebab kita tak bisa pungkiri, era kita sekarang sudah masuk era digital,” tutup Gusli. (B)

Laporan: Ulul Azmi
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.