Pemkab Wakatobi Rencanakan Bangun ‘Surga di Darat’ Pakai APBN

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Pemerintah Kabupaten Wakatobi rencanakan bangun lima ruang publik yang menunjang pariwisata setempat di tahun 2018. Pembangunan nantinya berada di Kecamatan Wangi-wangi Selatan dan Kecamatan Wangi-wangi.

Kelima ruang publik menggunakan APBN ratusan miliar rupiah itu bertempat di pantai Desa Sousu, Matahora, dan Desa Kolo Kecamatan Wangi-wangi Selatan serta pantai Desa Sombu dan Desa Patuno di Kecamatan Wangi-wangi.

“Ada lima ruang publik yang bakal dibangun di tahun 2018 ini untuk menunjang Wakatobi sebagai salah satu daerah yang masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN),” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Wakatobi, Kamaruddin, Jumat (18/5/2018).

Menurut dia, ruang publik di Wakatobi masih sangat terbatas. Tak jarang menjadi keluhan wisatawan yang berkunjung ke Wakatobi. “Selesai diving atau snorkeling mereka bingung mau jalan-jalan dimana,” lanjut Kamaruddin.

gemilang simpeda bank sultra

Jika sudah terbangun ruang publik, selain akan membawa citra baik dari para wisatawan, juga berdampak pada perekonomian warga sekitar yang berjualan di area publik tersebut.

“Selama ini uang wisatawan hanya dinikmati para pemilik oleh pemilik hotel dan risort karena mereka jarang keluar. Kalau uda ada ruang publik pasti mereka akan keluar jalan-jalan dan berbelanja. Jadi bukan hanya surga di laut, tapi surga di darat juga terbangun,” tambahnya.

Dirinya berharap, ruang publik itu menjadi tempat perputaran ekonomi terbesar bagi warga sekitar.

 

 

Laporan: Amran Mustar Ode

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.