Pemkot akan Launching Pasar Tani di Hari Ulang Tahunnya ke-188, Ini Keuntungannya

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah Kota Kendari akan launching program Pasar Tani dalam perayaan HUT Kendari ke-188 pada awal Mei 2019.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain, menerangkan Kendari memiliki potensi pertanian cukup menjanjikan apabila dikelola dengan baik. Sektor inilah ditargetkan bisa berkembang melalui adanya Pasar Tani.

Program ini, kata dia akan mempertemukan si petani dengan tempat pemasarannya. Pasar Tani ditargetkan mampu menjembatani para petani dengan konsumen dan pasar, sehingga hasil panen mereka terserap di konsumen, pasar, hotel, dunia usaha, dan lainnya dengan harga yang tepat serta menguntungkan.

“Ini kan sering kali terjadi, petani memanen produknya tiba-tiba hasil taninya tidak terserap atau tidak laku karena tidak ketemu dengan pasarnya. Sedangkan pihak dunia usaha sebenarnya butuh dan siap menyerap, hal inilah yang ingin kita pertemukan,” jelas Sulkarnain pada Rapat Persiapan Launching Pasar Tani, Selasa (23/4/2019).

Pasar Tani dirancang dalam dua versi, yakni pasar fisik dan online. Pasar fisik bisa digelar melalui pameran dan jual beli langsung setiap seminggu sekali atau sebulan sekali.

yamaha

Sementara versi online-nya, bakal melibatkan Dinas Pertanian dan Perikanan guna memprogramkan serta membuat fasilitas digital agar menunjang hal tersebut.

“Ini juga merupakan program pemerintah pusat. Kita berharap dengan upaya Pemkot ini, mempertemukan para petani dengan kebutuhan di dunia usaha,” terangnya.

Wali kota berharap, program terus berkembang dan menunjang sektor pertanian di Kendari. Utamanya, memberikan peluang kepada setiap kecamatan untuk memiliki satu jenis pertanian dan memasarkannya di Pasar Tani.

Rapat tersebut juga dihadiri pihak Dinas Pertanian dan Peternakan, pemilik/pengelola rumah makan, pengelola hotel di Kendari, kelompok tani, dan pihak perbankan di Kendari. (Adv)

Laporan: Ade Putri& Maykhel Rizky
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.