Pilkada koltim

Pemkot Baubau Kurban 73 Ekor Sapi

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Pemerintah Kota Baubau berkurban 73 ekor sapi di Idul Adha 1439 Hijriah. Jumlah hewan kurban merupakan akumulasi dari kontribusi organisasi perangkat daerah termasuk dari pribadi pejabat lingkup Pemkot.

Hewan kurban misalnya berasal dari Dinas Pertanian dan Dinas Perhubungan tiga ekor; pemerintah kecamatan yang tersebar di delapan kecamatan masing-masing satu ekor; di sekretariat enam ekor termasuk kontribusi pribadi Sekretaris Kota Baubau; lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Baubau termasuk sekolah sebanyak 23 ekor, sisanya kontribusi dari sejumlah SKPD setempat.

Menurut Kepala Bagian Kesra Pemkot Baubau, Asmahani, jumlah hewan kurban lebih banyak dibandingkan 2017 yang hanya lima ekor. Selanjutnya hewan kurban akan disebar di sejumlah titik di Baubau mengikuti lembaga dan pribadi yang berniat kurban tersebut. Pihaknya sebatas teknis melaporkannya ke Kementerian Agama.

Pilkada

“Namanya kurban, mereka sudah punya niat masing-masing untuk berkurban, kita tidak boleh mengatur, tergantung nawaitunya, yang penting yang terkumpul itu sebanyak 73 ekor,” ujar Asmahani.

Anggaran hewan kurban tersebut berasal dari pribadi masing-masing, bukan menggunakan anggaran pemerintah. “Kalau kita arisankan memang, tidak pake APBD, uang masing-masing. Beda itu kurban dengan infaq, masa kita mau berkurban pake uang kantor,” ucapnya.

Semua hewan kurban telah dikarantina sembari menunggu jadwal penyembelihan di hari Idul Adha dan hari setelahnya.

Laporan: Zarmin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.