Pilkada koltim

Pemkot Baubau Upayakan PAD Meningkat, 5 Item Pembangunan akan Diprioritaskan 2021

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Fraksi Amanat Kebangkitan Berkarya DPRD Baubau melalui juru bicara, La Madi memberikan pandangan umum fraksi terkait angka Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Baubau yang dinilai kurang memberikan kontribusi pendapatan daerah, yaitu hanya 15,26 persen dari total pendapatan daerah.

La Madi mengatakan, dalam kondisi seperti ini, pemkot diharapkan produktif dalam mengejar target-target yang direncanakan dalam upaya mengoptimalkan capaian PAD. Hal tersebut perl, kata dia, didukung dengan sumber daya manusia berkompeten serta pelayanan ekonomi, informasi, dan komunikasi memadai.

“Hal ini sangat penting dalam upaya mencapai target PAD,” ujarnya, Rabu (18/11/2020).

Menanggapi hal itu, Wali Kota Baubau, AS Tamrin diwakili Wakil Wali Kota, La Ode Ahmad Monianse, menerangkan pihanya akan berupaya mengoptimalkan PAD dari berbagai sektor. Misalnya meningkatkan penerimaan yang bersumber dari pajak daerah dan hasil pengelolaan kekayaan daerah.

“Serta lain-lain pendapatan asli daerah yang sah dengan estimasi nilai PAD yang lebih rasional sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tambahnya pada Rapat Paripurna DPRD Kota Baubau dengan agenda tanggapan/jawaban wali kota atas pemandangan umum fraksi terhadap raperda tentang APBD Kota Baubau 2021.

Pilkada

Dalam pelaksanaan, lanjutnya, Pemkot akan melakukan pengawasan dan pembinaan tenaga lapangan agar menghindari kebocoran PAD

Mengenai pandangan umum Fraksi Gerindra Sejahtera terkait pemanfaatan pinjaman daerah, Moninase berharap kegiatan infrastruktur yang dilakukan dengan memperhatikan transparansi nyata sebagai perwujudan pemerintahan yang bersih dan pemerintahan yang baik sesuai peraturan yang berlaku.

Pemkot Baubau juga akan mengoptimalkan pembangunan pada tahun anggaran 2021.

“Pemerintah Kota Baubau akan memperhatikan pelaksanaan penyertaan modal kepada PDAM Kota Baubau,” terangnya.

Sehubungan prioritas pembangunan dalam APBD 2021, Pemkot Baubau merumuskan lima item, yaitu pengembangan industri perdagangan dan industri kreatif didukung oleh peningkatan sarana dan investasi, peningkatan iklim promosi dan inverstasi, pengembangan potensi kepariwisataan daerah, peningkatan potensi lokal, pengelolaan pemerintahan dan administrasi pelayanan publik, serta peningkatan SDM. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.