Pemkot Himbau Warga Pisahkan Sampah Plastik

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sekertaris Dinas Kebersihan Kota Kendari, Mohammad Nur Rasak menjelaskan, plastik kresek sangat susah terurai dalam tanah dan butuh waktu yang cukup lama.

 

Menurut Nur Rasak, bila masyarakat mau memisahkan sampah organik dan anorganik, maka proses pengulikan sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) akan lebih mudah.

 

\”Agak susah itu kita mau bedah sampah seperti kantung kresek, karna seharusnya kan dari rumah tangga itu sudah terpisah dan itu sudah disosialisasikan sekitar 5 atau 6 tahun yang lalu, dimana kantong plastik itu dipisahkan yang organik maupun yang anorganik,\” jelas Nur Rasak.

yamaha

 

Sampah plastik di TPAS diolah oleh pemulung dengan cara memisahkan sampah plastik yang bernilai ekonomis maupun tidak. Namun lagi-lagi kendala yang dihadapi adalah kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang juga memperlambat proses pemilahan tersebut.

 

Yang membuat kurang efisiennya pengelolaan sampah Pemkot Kendari adalah, sampah kresek yang tidak memiliki nilai ekonomis malah ditimbun begitu saja. (C)

 

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.