Pilkada koltim

Pemkot Kendari Kembali Terima Penghargaan Kota Layak Anak

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah Kota Kendari kembali mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Penghargaan ini diterima langsung Pelaksana Harian Wali Kota Kendari, Nahwa Umar di Makassar, Selasa (23/7/2019).

Kota layak anak merupakan program yang mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan kepahaman kepada keluarga, masyarakat, dan media di wilayahnya terkait upaya pemenuhan hak anak. Di satu sisi, pemerintah daerah didorong melakukan berbagai kebijakan, program, dan kegiatan yang menjamin agar hak-hak anak dapat dipenuhi.

Secara garis besar, terdapat lima klaster hak anak, yakni hak sipil dan kebebasan; lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif; kesehatan dasar dan kesejahteraan; pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya; serta perlindungan khusus.

Apresiasi itulah diberikan kementerian atas upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di tingkat pemerintah daerah.

Nahwa Umar mengatakan, penghargaan ini merupakan penghargaan kedua bagi Pemkot Kendari dalam pengembangan dan peningkatan sumber daya anak.

Pilkada

Ke depannya melalui penghargaan tersebut akan memotivasi Pemkot untuk membangun ruang-ruang terbuka sebagai tempat bermain anak. Terlebih Pemkot memiliki misi menjadikan Kendari sebagai kota layak huni, termasuk bagi anak-anak.

“Banyak fasilitas tahun ini akan dibangun yang mana termasuk bagian dari indikator kota layak anak,” ujar Sekertaris Kota Kendari itu, Rabu (24/7/2019).

Salah satu upaya Pemkot mewujudkan kota layak anak adalah meningkatkan pelayanan mulai dari tingkat kelurahan dan tempat-tempat umum, misalnya puskesmas melalui pemenuhan sarana bermain anak, pojok ASI, dan pustaka mini.

Selain menerima penghargaan Kota Layak Anak, Forum Anak Kota Kendari (FANTARI) juga menerima penghargaan sebagai juara dua Fun Anak 2019 dari Kementerian terkait.

Pemkot Kendari sebelumnya menerima penghargaan kota layak anak pada 2018 untuk kategori madya dari Kementerian Pendayagunaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Kendari, Sri Yastin menerima penghargaan tersebut langsung dari Yohana Susana Yambise pada puncak peringatan hari anak nasional Juli 2018. (Adv)

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.